Berita

5 Alasan Top dan Basic Gen Z Memilih Digital Nomad

Generasi Z, generasi yang tumbuh bersama teknologi digital, kini semakin mempopulerkan gaya hidup digital nomad. Dengan kemajuan AI dan kemudahan teknologi informasi dan komunikasi, mereka semakin terdorong menjalani hidup yang fleksibel, berkelana sambil tetap produktif.

Alasan Gen Z Bergaya Hidup Digital Nomad

Pandemi COVID-19 yang membatasi mobilitas global justru menjadi momentum bagi banyak anggota Gen Z untuk mengeksplorasi gaya hidup ini. Digital nomad menjadi lebih dari sekadar tren kerja, hal ini mewakili nilai-nilai kebebasan, koneksi global, dan keseimbangan hidup yang kini menjadi prioritas utama bagi generasi Z.

Lebih dari itu, media sosial seperti Instagram telah mengubah persepsi masyarakat terhadap gaya hidup digital nomad, menjadikannya tren yang menarik dan penuh gaya. Generasi Z dengan percaya diri memamerkan kebebasan mereka melalui platform-platform ini, menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejak mereka. Berikut ini adalah lima alasan utama yang menjelaskan mengapa gaya hidup digital nomad semakin diminati Gen Z di era pasca-pandemi.

Kemahiran Digital Mempermudah Fleksibilitas Lokasi

Kemampuan adaptasi dan kemahiran teknologi menjadikan Gen Z sangat tangkas dalam menjalankan pekerjaan dari mana saja. Ehn et al. (2022) mencatat bahwa alat digital seperti Slack dan Zoom memfasilitasi pekerjaan jarak jauh, sehingga mereka bisa bekerja dari lokasi mana pun tanpa mengorbankan produktivitas. Media sosial seperti Instagram bahkan membantu membentuk citra “mobilitas digital” yang membuat gaya hidup ini semakin menarik, karena mereka dapat menunjukkan kebebasan geografis yang melekat dalam pekerjaan mereka.

AI Memungkinkan Kolaborasi dan Produktivitas Maksimal

Teknologi AI membantu Gen Z mengelola tugas, berkolaborasi, dan tetap produktif dari jarak jauh. Platform seperti Asana, Monday.com, dan aplikasi berbasis AI lainnya memudahkan mereka untuk terhubung secara virtual dan tetap efektif dalam bekerja. Menurut Urick (2020), AI juga memberikan pengalaman kerja yang dipersonalisasi dengan fitur otomatisasi yang mendukung gaya hidup dinamis dan tidak terikat lokasi ini. Dengan fitur-fitur otomatisasi yang canggih, AI memungkinkan generasi Z untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih kreatif dan bernilai tambah, sambil tetap menikmati fleksibilitas gaya hidup nomaden.

Keinginan Eksplorasi Budaya dan Diri yang Kuat

Bagi Gen Z, gaya hidup digital nomad memberikan kesempatan unik untuk mengeksplorasi budaya dan mendapatkan pengalaman hidup yang lebih bermakna. Pandemi memunculkan kebutuhan akan “pelarian” dari rutinitas sehari-hari. Stojsavljević et al. (2023) menemukan bahwa Gen Z tertarik pada nomadisme digital untuk mendapatkan pengalaman spiritual dan lintas budaya yang memperkaya perspektif mereka. Dengan menjelajahi berbagai tempat dan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, generasi Z berharap dapat menemukan jati diri mereka dan memperluas perspektif mereka.

Fleksibilitas Kerja Mendukung Keseimbangan Hidup

Gen Z sangat menghargai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, yang dapat diperoleh dari digital nomadisme. Menurut penelitian Dou (2021), gaya hidup ini memberi mereka kebebasan untuk bekerja sesuai ritme yang mereka inginkan. Bagi banyak Gen Z, memiliki kendali atas waktu dan tempat kerja mereka adalah aspek penting dalam mencapai aktualisasi diri dan kebahagiaan. Fleksibilitas ini sangat penting bagi generasi yang sangat menghargai kesejahteraan mental dan emosional.

Kesempatan untuk Koneksi Global dan Jaringan Luas

Digital nomadisme memungkinkan Gen Z untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, baik secara profesional maupun pribadi. Dengan teknologi, mereka bisa bekerja dengan rekan tim internasional dan membangun jaringan yang tidak terbatas secara geografis. Hal ini juga mendorong kreativitas, inovasi, dan pertumbuhan pribadi yang signifikan, sebagaimana diungkapkan oleh Polgar et al. (2020) dalam penelitiannya tentang jaringan profesional digital. Selain itu, nomadisme digital juga memungkinkan generasi Z untuk bertemu dengan orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang, memperkaya pengalaman hidup mereka.

Adaptasi Perusahaan pada Gaya Hidup Digital Nomad

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh organisasi/perusahaan dalam menerapkan work-life balance adalah dengan menyediakan kesempatan bagi karyawan untuk dapat mengatur sendiri jam kerja sesuai dengan shift kerja. Untuk mengevaluasi work-life balance dapat dilakukan dengan mengetahui sejauh mana dukungan dan pelatihan karyawan, bagaimana program dikomunikasikan dengan karyawan, bagaimana budaya organisasi/perusahaan, bagaimana kebijakan sumber daya, serta kontrol karyawan (Mahardika et al., 2022).

Tren digital nomad di kalangan Gen Z bukan sekadar fenomena sementara, hal ini adalah cerminan dari nilai-nilai baru dalam dunia kerja modern, di mana keseimbangan hidup, kebebasan, dan konektivitas global semakin menjadi prioritas. Didukung oleh teknologi AI dan platform digital, Gen Z memanfaatkan potensi nomadisme digital untuk menjalani hidup yang mereka dambakan. Tantangan tetap ada, mulai dari kebutuhan stabilitas hingga tekanan sosial, namun dengan kemajuan teknologi dan dukungan kebijakan global, gaya hidup digital nomad memiliki prospek yang cerah sebagai pilihan karir masa depan bagi generasi ini.

Adaptasi di Universitas Dinamika

Seiring dengan semakin populernya gaya hidup digital nomaden di kalangan generasi muda, institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Dinamika pun turut beradaptasi. Melihat potensi dan tantangan yang dihadapi oleh generasi Z dalam era digital, Universitas Dinamika berupaya mempersiapkan mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan dinamika dunia kerja yang semakin fleksibel.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah dengan menghadirkan konsep pembelajaran inovatif bernama Undika Futuristic Learning (UFL). UFL merupakan perpaduan antara pembelajaran tatap muka di kampus dan pembelajaran daring yang dapat diakses dari mana saja. Konsep ini tidak hanya sekedar mengikuti tren, tetapi juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa generasi Z yang menginginkan fleksibilitas dalam belajar.

Melalui pembelajaran UFL, mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengatur waktu dan tempat belajar mereka. Mereka dapat mengikuti perkuliahan secara langsung di kampus, atau memilih untuk belajar secara mandiri melalui platform pembelajaran online yang disediakan. Fleksibilitas ini memungkinkan mahasiswa untuk menyeimbangkan antara kegiatan akademik dengan kegiatan pribadi atau pekerjaan sampingan. Selain itu, UFL juga mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan digital yang dibutuhkan dalam dunia kerja modern. Melalui berbagai tugas dan proyek yang berbasis teknologi, mahasiswa diajarkan untuk berkolaborasi secara virtual, mengelola waktu secara efektif, dan memanfaatkan berbagai alat digital untuk meningkatkan produktivitas.

Dengan demikian, Universitas Dinamika tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan akademik, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di masa depan. UFL merupakan bukti nyata komitmen Universitas Dinamika dalam mendukung generasi muda untuk meraih kesuksesan dalam era digital. 👌😊.

Referensi

Gloria, Yan, Dou. (2021). Toward a non-binary sense of mobility: insights from self-presentation in Instagram photography during COVID-19 pandemic. Media, Culture & Society, 43(8):01634437211008734-. doi: 10.1177/01634437211008734

Karine, Ehn., Ana, Jorge., Manuel, Marques-Pita. (2022). Digital Nomads and the Covid-19 Pandemic: Narratives About Relocation in a Time of Lockdowns and Reduced Mobility. Social media and society, 8(1):205630512210849-205630512210849. doi: 10.1177/20563051221084958

Mahardika, A. A., Ingarianti, T. M., & Zulfiana, U. (2022). Work-life balance pada karyawan generasi Z. Collabryzk Journal for Scientific Studies, 1(1), 1–16.

Michael, J., Urick. (2020). Generational Differences and COVID-19: Positive Interactions in Virtual Workplaces. Journal of Intergenerational Relationships, 18(4):379-398. doi: 10.1080/15350770.2020.1818662

Rastislav, Stojsavljević., Miroslav, D., Vujičić., Uglješa, Stankov., Igor, Stamenković., Dejan, Maslikovic., Adam, B., Carmer., Darko, Polić., Dino, Mujkić., Marko, Bajić. (2023). In Search for Meaning? Modelling Generation Z Spiritual Travel Motivation Scale—The Case of Serbia. Sustainability, 15(6):5292-5292. doi: 10.3390/su15065292