Berita

5 Great Poin AI Mengubah Pengalaman Belajar

Personalisasi Pembelajaran

Salah satu keunggulan utama AI dalam pendidikan adalah kemampuannya mempersonalisasi proses belajar. AI memungkinkan materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan individu, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Menurut penelitian oleh Seo et al. (2021), sistem penilaian adaptif berbasis AI dapat menyesuaikan tingkat kesulitan materi berdasarkan kinerja siswa. Dengan begitu, siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih relevan dan sesuai dengan kemampuan mereka.

Lebih dari itu, AI juga membantu mengidentifikasi siswa yang berisiko mengalami kesulitan belajar atau bahkan putus sekolah. Penelitian oleh Rodríguez et al. (2022) menunjukkan bahwa sistem bimbingan cerdas dapat memberikan intervensi tepat waktu untuk siswa yang membutuhkan, sehingga meningkatkan kinerja dan menurunkan angka putus sekolah. Dengan fitur seperti ini, AI menjadi alat penting dalam memastikan keberhasilan akademis siswa.

Komunikasi dan Interaksi Lebih Efektif

Di era digital, komunikasi antara siswa dan dosen menjadi faktor penting, terutama dalam pembelajaran jarak jauh. AI memainkan peran besar dalam meningkatkan efisiensi komunikasi ini. Berdasarkan studi oleh Seo et al. (2021), AI dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin seperti penilaian tugas, sehingga dosen memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi langsung dengan siswa.

Alat seperti ChatGPT memungkinkan simulasi percakapan yang mirip manusia, memberikan siswa platform untuk berlatih bahasa dan mendapatkan umpan balik instan. Menurut Ziaja (2024), penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa melalui interaksi langsung. Ini memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja.

Umpan Balik Real-Time dan Manajemen Kelas

Selain meningkatkan komunikasi, AI juga memungkinkan dosen memberikan umpan balik secara real-time. Dengan perangkat AI yang tertanam di ruang kelas, dosen dapat memantau perilaku dan emosi siswa untuk menyesuaikan strategi pengajaran mereka. Menurut penelitian Bao (2023), analisis real-time ini dapat meningkatkan efektivitas pengajaran dan keterlibatan siswa. Sistem AI dapat mendeteksi tanda-tanda kebosanan atau kebingungan, sehingga dosen bisa segera menyesuaikan pendekatan mereka agar pembelajaran lebih menarik. Teknologi ini sangat berguna dalam menciptakan lingkungan belajar yang adaptif, di mana kebutuhan siswa dapat dipantau dan direspons secara langsung. Ini membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih kaya dan dinamis.

Tantangan Etis dan Keamanan

Walaupun AI membawa banyak keuntungan, ada tantangan yang perlu diatasi, terutama terkait privasi dan keamanan data siswa. Penggunaan AI dalam pendidikan sering melibatkan pengumpulan data pribadi, sehingga penting untuk memastikan bahwa data ini dilindungi. Seo et al. (2021) menekankan pentingnya transparansi dan etika dalam pengembangan sistem AI agar tidak merugikan siswa.

Selain itu, ada kekhawatiran bahwa ketergantungan pada AI dapat mengurangi peran dosen dan membuat siswa terlalu bergantung pada teknologi. Oleh karena itu, pengembangan AI harus dilakukan dengan pendekatan yang etis untuk memastikan keseimbangan antara manfaat teknologi dan pentingnya interaksi manusia.

Tool AI untuk Pembelajaran

Beberapa tools AI yang dapat digunakan dalam pembelajaran tampak pada gambar berikut ini. Tools berikut ini diajarkan dalam mata kuliah Dasar TI di Universitas Dinamika, sebagai mata kuliah wajib level universitas.

Tools AI dalam pembelajaran
Gambar 1 Contoh tool AI dalam pembelajaran

AI telah membawa revolusi dalam dunia pendidikan dengan mempersonalisasi pengalaman belajar, meningkatkan komunikasi, dan menyediakan umpan balik real-time. Bagi Gen Z, yang sudah akrab dengan teknologi, ini berarti cara belajar yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, penting juga untuk menghadapi tantangan yang ada dengan pendekatan yang bertanggung jawab dan etis.

Referensi

Gwo-Jen, Hwang., Yun, Fang, Tu., Kai-Yu, Tang. (2022). 5. AI in Online-Learning Research: Visualizing and Interpreting the Journal Publications from 1997 to 2019. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, doi: 10.19173/irrodl.v23i1.6319

Kyoungwon, Seo., Joice, Tang., Ido, Roll., Sidney, Fels., Dongwook, Yoon. (2021). 1. The impact of artificial intelligence on learner-instructor interaction in online learning.. International Journal of Educational Technology in Higher Education, doi: 10.1186/S41239-021-00292-9

M., Elena, Rodríguez., Ana-Elena, Guerrero-Roldán., David, Baneres., Abdükadir, Karadeniz. (2022). 2. An Intelligent Nudging System to Guide Online Learners. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, doi: 10.19173/irrodl.v22i4.5407

Ryszard, Ziaja. (2024). 3. Benefits and limitations of using AI in German language lessons on the example of ChatGPT. Neofilolog, doi: 10.14746/n.2024.62.2.11

Weiyue, Bao. (2023). 4. Exploring Artificial Intelligence in Smart Education: Real-Time Classroom Behavior Analysis with Embedded Devices. Sustainability, doi: 10.3390/su15107940