Sivitas Undika Pamerkan Ragam Baju Daerah Pada Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI

Cetak
Image 18 Aug 2023


 

D’Media (17/08/2023) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 RI, sivitas akademika Universitas Dinamika melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, di lapangan parkir Undika,Raya Kedung Baruk, 98 Sby. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh Pimpinan, dosen, staff, karyawan dan juga mahasiswa baru.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Dinamika, Prof. Dr. Budi Jatmiko menjadi Pembina Upacara,  dan bertindak sebagai pemimpin Upacara ahmad Fadhil Prihady Mahasiswa program studi D3 Sistem Informasi. Ada yang menarik dalam upacara kali ini dimana semua peserta mengenakan baju pahlawan dan baju tradisional, dan bertindak sebagai Pasukan pengibar bendera adalah mahasiswa baru Universitas Dinamika tahun ajaran 2023 ini.

                                                             Mahasiswa Baru, Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Foto : PR Undika)


Pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset  dan Teknologi (MendikbudRistek) RI Nadiem Anwar Makariem, yang menyebutkan bahwa Kemerdekaan RI tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, melainkan dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga.

Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakan selama empat tahun terakhir.”tutur Budi, membacakan pesan MendikbudRistek. Hal ini mengingat merdeka belajar digerakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong dan kolaborasi.


                                                        Pembina Upacara, Rektor Universitas Dinamika, Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd (Foto : PR Undika)


Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, Menteri Nadiem mengajak para pendidik dan orang tua untuk memahami keberhasilan belajar seorang anak tidak terbatas pada kegiatan membaca, menulis dan berhitung saja, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, ketrampilan berkomunikasi dan karakter berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Untuk jenjang penddikan tinggi, menurut Nadiem, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama empat tahun terakhir telah berhasil dirasakan 760 ribu mahasiswa. “Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai lingkungan masyakarat memberikan pengalaman yang sangat berharga,” tuturnya.

Mari Melanjutkan Semangat para Pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar,”pungkasnya. Usai pelaksanaan Upacara, peserta yang merupakan mahasiswa baru mengikuti kegiatan lomba-lomba tradisional antar mahasiswa.(Adi)


1580 kunjungan