Siswa-Siswi SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Datang ke Undika untuk Belajar Membangun Startup

Cetak
Image 10 Nov 2023

D'Media, (10/11/2023) - Hari Rabu, 8 November 2023 telah berlangsung sebuah kegiatan tur kampus dan workshop di Universitas Dinamika (Undika). Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 siswa-siswi dan satu guru pendamping SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.


Kegiatan ini dimulai pukul 08:30 WIB di Ruang Laksda, lantai 1 gedung biru Undika. Acara diawali dengan sambutan dari perwakilan bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru), dan selanjutnya mereka diajak tur kampus. Tur kampus mengunjungi beberapa ruangan dan fasilitas yang dimiliki oleh Undika, terutama Ruang Laboratorium, Perpustakaan, Museum, dan Kelas UFL (Undika Futuristic Learning).


Acara pun berlanjut ke sesi workshop setelah para peserta menyelesaikan tur kampus. Pemateri workshop ini adalah Sri Hariani, dosen S1 Sistem Informasi Undika. Tema dari materi workshop tersebut adalah “Membangun Ide Startup, Seri: Inovasi & Kewirausahaan Generasi Z di Era Digital.”


Workshop dibuka dengan asesmen untuk mengetahui pemahaman peserta seputar startup. Antusiasme para siswa sangat terlihat saat mereka menjawab pertanyan-pertanyaan dari asesmen. Ternyata, beberapa dari peserta tertarik dan ingin memulai startup. “Mulai startup kalian sedini mungkin, karena negara kita memiliki sumber daya yang mencukupi dan media sosial yang masif di era sekarang dapat membantu bisnis kalian.” ucap dosen yang biasa dipanggil Yani tersebut.


Dia juga menjelaskan bahwa mencari ide startup itu bisa dimulai dari langkah yang mudah. “Kita bisa melihat sekitar kita, kira-kira ada masalah sosial apa? Dari situ, kita bisa merencanakan untuk membuat platform berbasis IoT (Internet of Things) yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.” ujarnya.

Startup harus memiliki dampak digital agar memiliki nilai di pasaran. “Agar berdampak, kalian harus bisa mengemas startup kalian semenarik mungkin. Mulai dari ide startup, pemilihan warna, penentuan logo, dan lain sebagainya.” tuturnya.

“Semoga materi yang telah saya sampaikan dalam satu jam ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian dalam perencanaan ide dan pembuatan startup nantinya.” pungkasnya.


483 kunjungan