Kegiatan Sarasehan Tentang Industri Kreatif Diikuti oleh Dosen FDIK Undika

Cetak
Image 21 Nov 2023

D’Media, (21/11/2023) - Pada hari Selasa, 21 November 2023 telah berlangsung kegiatan sarasehan yang berjudul ‘Bridging Creativity and Education: Navigating the Transformative Path of Creative Industries’. Sarasehan ini diikuti oleh dosen-dosen dari Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) Universitas Dinamika (Undika).


Sarasehan dilaksanakan pada pukul 09.00 - 12.00 WIB di Ruang Auditorium, lantai 1 Undika dengan mengundang pembicara yang bernama Guguh Sujatmiko, selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Desain Produk Universitas Surabaya (Ubaya). “Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah wawasan kita mengenai industri kreatif beserta perkembangannya.”, kata Karsam, selaku Dekan FDIK Undika.


Setelah pembukaan dari Dekan FDIK serta Kaprodi S1 Desain Produk yang bernama Yosef Richo Adrianto, Guguh memulai membawakan materinya seputar industri kreatif. Industri kreatif adalah sebuah usaha produktif yang terkait dan dijalankan oleh kreativitas, seni, dan budaya. Terdapat 17 sektor industri kreatif di Indonesia, beberapa diantaranya adalah aplikasi, pengembangan games, desain produk, fashion, dan lain sebagainya.


Seperti yang dijelaskan oleh Guguh, industri kreatif memiliki tiga poin yang harus diperhatikan dalam bidang ini, yaitu kreativitas seni dan budaya, produk, dan manusia. “Ketiga poin ini sangat penting dalam industri kreatif. Pada poin pertama, kita harus membuat kreativitas seni dan budaya dijadikan sesuatu yang berguna dan dibutuhkan oleh orang. Poin kedua, membuat produk yang kredibel agar bisa memberi impact bagi orang. Poin ketiga, manusia bisa memunculkan sebuah ide dan menjadikannya sebagai sebuah produktivitas.”, ucap Guguh.


Semoga dengan diadakannya sarasehan ini dapat menambah wawasan untuk dosen FDIK Undika mengenai industri kreatif saat ini sehingga dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar kepada mahasiswa. (Tta)


252 kunjungan