6 Tahun Museum Teknoform Edukasi Masyarakat tentang Teknologi dan Informasi

Cetak
Image 28 Nov 2023

D’Media, (28/11/2023) – Museum Teknologi Informasi (Teknoform) Universitas Dinamika merayakan hari jadinya yang ke 6 tahun pada hari Selasa, 28 November 2023. Museum Teknoform ini berlokasi di lantai 1 Universitas Dinamika yang dikelola oleh Listya Sidharta dan Galih Permata Putra.


Galih mengatakan bahwa Museum Teknoform dibangun pada 28 November 2017 dan diresmikan oleh Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya pada saat itu. “Tujuan kami membangun museum ini adalah untuk memberikan edukasi kepada civitas akademik Universitas Dinamika serta masyarakat umum mengenai perkembangan teknologi dari jaman dulu hingga sekarang.”, ucap Galih, selaku Kepala Museum Teknoform.


Banyak tamu-tamu yang pernah mendatangi Museum Teknoform, salah satu diantaranya adalah kunjungan spesial dari Duta Miss Hijab Indonesia 2023 yang datang dari berbagai provinsi. Saat masuk ke dalam museum, Duta Miss Hijab Indonesia 2023 disambut dengan banyak sekali macam peralatan jaman dahulu yang digunakan oleh nenek moyang kita dalam berkomunikasi.


Beberapa alat yang tersedia di museum ini diantaranya ada sabak (lempengan batu yang digunakan untuk menulis), kentongan, mesin ketik, hingga perkembangan teknologi jaman sekarang seperti komputer, telepon genggam (handphone), dan augmented reality (AR). “Saya bisa belajar banyak tentang sejarah-sejarah dari teknologi, dan juga banyak barang antik yang sangat unik yang bisa ditemukan di Museum Teknoform ini.”, ujar Miss Muti, salah satu Duta Miss Hijab Indonesia 2023 asal Jawa Tengah.


Ada beberapa alat yang bisa disentuh dan dicoba langsung oleh pengunjung, seperti mesin ketik tahun 2000-an dan bola plasma. Duta Miss Hijab 2023 Indonesia terlihat sangat antusias, khususnya dengan bola plasma yang saat disentuh akan terlihat untalan cahaya berwarna yang mengikuti jari mereka.


“Semoga dengan bertambahnya usia Museum Teknoform, para Dinamikawan serta masyarakat umum bisa meningkatkan antusiasme mereka terhadap Museum Teknoform karena museum ini bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran teknologi bagi seluruh masyarakat.”, tutupnya. (Tta)


370 kunjungan