Sidang Tugas Akhir DKV: Mahasiswa Tunjukkan Potensi dan Kreativitas

Cetak
Image 06 Aug 2024

D’Media, (06/08/2024) – Sidang tugas akhir (TA) adalah momen penentuan lulus atau tidaknya seorang mahasiswa. Pada umumnya, sidang tugas akhir akan dilakukan di ruang tertutup. Namun, berbeda dengan sidang TA program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dinamika yang dikemas menjadi seperti sebuah pameran.

          Pameran sidang TA DKV ini diselenggarakan pada Rabu (31/07/2024) di Ruang Serbaguna Universitas Dinamika dan diikuti oleh 31 mahasiswa. “Ini merupakan konsep baru sidang TA prodi DKV, yaitu pameran prototype karya para mahasiswa. Mereka mempresentasikan karya mereka secara langsung tanpa perlu menyusun laporan,” ujar Dhika Yuan Yurisma, selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) DKV.

          Pria yang akrab dipanggil Dhika tersebut mengatakan bahwa mahasiswa tidak menyusun laporan, melainkan mereka membuat katalog atas karyanya. “Hasil-hasil karya para mahasiswa cukup beragam, seperti motion graphic, augmented reality (AR), buku, komik strip digital, dan lain-lain,” katanya.


          Sidang TA berupa pameran ini sifatnya opsional. Mahasiswa bisa memilih mau mengikuti sidang berupa pameran ataupun sidang tertutup. “Di akhir, outputnya tetap sama, yaitu hasil karya mereka yang relate dengan permasalahan yang ada di masyarakat,” sambungnya.

          Hasil karya para mahasiswa berdasarkan masalah yang terjadi di masyarakat. “Dengan mengangkat topik tersebut, maka produk-produk karya mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat agar bisa digunakan dan membantu memecahkan masalah tersebut,” tutur Dhika.

          “Harapannya dengan pameran ini, mereka mampu berlatih untuk mempresentasikan dan menjelaskan karya yang telah mereka buat, sehingga di dunia kerja nanti, mereka bisa menjual karya mereka,” tutur Dhika. Karya-karya mahasiswa tersebut akan dipamerkan juga di acara ‘Gestaltif’ yang akan diselenggarakan di waktu dekat.

          Puncak acara pameran yang diadakan selama tiga hari tersebut adalah webinar dengan tema ‘Desain Presentasi yang Efektif: Meningkatkan Komunikasi dan Dampak Visual’. Pemateri di webinar ini adalah Fenty Fahminnansih, dosen DKV.


          Webinar ini berkonsep hybrid, sehingga para mahasiswa bisa mengikutinya secara online maupun offline di Ruang Serbaguna Universitas Dinamika.  Dalam webinarnya, ia menyampaikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar bisa membuat sebuah presentasi yang baik. (tta)


453 kunjungan