Kerjasama dengan Kementerian Timor Leste, Universitas Dinamika Gelar Pelatihan Desain Kemasan

Cetak
Image 04 Sep 2024

Pada hari Senin (12/08/2024), telah diselenggarakan acara workshop publishing dan desain kemasan yang diikuti oleh tiga perwakilan dari Kementerian Pendidikan Timor Leste beserta tujuh peserta lainnya di Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya).

Acara workshop ini merupakan hasil dari kunjungan Menteri Pendidikan Timor Leste yang bernama Dulce De Jesus Soares bersama para jajarannya ke Universitas Dinamika pada hari Selasa (03/07/2024). Rombongan Kementerian Pendidikan Timor Leste juga didampingi oleh Asosiasi PPGI Daerah Jawa Timur (Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia).

Saat kunjungannya pada bulan Juli lalu, Dulce De Jesus Soares sempat menyampaikan bahwa kedatangannya ke Universitas Dinamika dapat membuatnya mengeksplor lebih jauh peluang-peluang yang bisa dikolaborasikan bersama, salah satunya adalah pelatihan di bidang grafika.

Satu bulan setelah kunjungannya, acara workshop untuk pelatihan ini pun bisa dilaksanakan. Workshop ini diselenggarakan selama dua hari, dari tanggal 12 hingga 13 Agustus 2024. Tidak hanya dari Kementerian Pendidikan Timor Leste, pelatihan ini juga diikuti oleh beberapa perusahaan percetakan lainnya.


Hari pertama workshop dibuka dengan sambutan oleh Karsam, selaku Dekan Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) Universitas Dinamika dan dilanjut oleh sambutan dari Iwan Dhamar Suprihantono, selaku Ketua Asosiasi PPGI Jawa Timur. “Semoga kedepannya akan makin banyak kolaborasi yang bisa kami lakukan bersama Universitas Dinamika,” ucap Iwan.

Workshop ini berlangsung di ruang Undika Futuristic Learning (UFL) di lantai 4 dan laboratorium komputer A di lantai 6 gedung Universitas Dinamika. “Ruang UFL khusus disiapkan untuk workshop ini karena menganut pembelajaran hybrid and blended learning. Peserta bisa mengikuti pelatihan dari mana saja, karena sesuai dengan konsep ‘futuristic learning’ yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online,” ujar Maria Novitasari, selaku person in charge (PIC) acara ini.

Pemateri workshop merupakan dosen dari Universitas Dinamika, yaitu dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) bernama Setya Putri Erdiana yang membawakan materi ‘Brand Design Based on User: Merancang Logo dengan User Research & Mock-Up Media menggunakan Canva’ serta dosen Desain Produk bernama Darwin Yuwono Riyanto, Yosef Richo Adrianto, dan Kristian Wetimena yang menyampaikan materi tentang ‘Design Packaging’.


“Kedua materi tersebut tidak terpaku dalam teori, melainkan kami juga mengadakan praktek secara langsung agar peserta bisa mengaplikasikan langsung materi yang telah didapat,” kata Yosef Richo Adrianto, selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Desain Produk.

“Harapan atas berlangsungnya workshop ini agar para peserta dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dalam pekerjaan atau studi mereka, sehingga dapat berkontribusi lebih baik di bidangnya masing-masing,” pungkas Vita. (tta)


417 kunjungan