Perpustakaan Universitas Dinamika Memperoleh Sertifikasi ISO 9000:2015

Cetak
Image 13 Sep 2024

D’Media, (13/09/2024) – Sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengunjung perpustakaan (pemustaka), Perpustakaan Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) berhasil mendapatkan sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9000:2015.

Sertifikat ISO ini diberikan pada Senin (02/09/2024) di ruang Movie Room Perpustakaan Universitas Dinamika, yang diserahkan oleh perwakilan dari lembaga United Registrar of Systems (URS) kepada Kepala Bagian (Kabag) Perpustakaan, Deasy Kumalawati.

Deasy mengatakan bahwa sertifikasi ISO dilakukan agar perpustakaan dapat berbenah serta mendapatkan validasi atas tercatatnya seluruh kegiatan di perpustakaan. “ISO 9000:2015 yang telah kami raih membahas tentang customer satisfaction (kepuasan pelanggan),” katanya. Sertifikat ini berlaku selama tiga tahun, dan tiap satu tahun akan dilakukan audit untuk menjaga performa perpustakaan.

Sebelum mendapatkan sertifikasi ini, Deasy menjelaskan bahwa terdapat proses penilaian (assessment) yang telah dilakukan pada bulan Juli. Terdapat asesor dari lembaga URS yang melakukan penilaian. “Di penilaian ISO, para asesor tidak mendapati temuan-temuan baik minor maupun major,” ujarnya.

Beberapa hal yang dinilai adalah kepuasan pemustaka, proses-proses bisnis yang ada di perpustakaan (pengadaan koleksi, pengolahan, dan layanan sirkulasi), dan kesesuaian dokumen-dokumen. “Kami mulai mempersiapkan untuk sertifikasi ini sejak bulan Januari 2024. Kami menyusun dari dasar, seperti standar dan formulir yang dibutuhkan untuk sertifikasi ISO,” sambung Deasy.

Perlu diketahui bahwa sertifikasi ISO ini merupakan sertifikat internasional. “Setelah proses penilaian selesai, dari pihak URS mengirimkan hasilnya ke kantor pusat yang berada di luar negeri. Puji Tuhan, kami berhasil mendapat rekomendasi untuk disertifikasi,” jelas Deasy.

Atas pencapaian yang membanggakan, Deasy pun menyampaikan harapannya. “Harapan saya dengan pencapaian yang telah kami peroleh, kami bisa menjadi lebih konsisten dalam mempertahankan kepuasan dari pengunjung perpustakaan,” pungkasnya. (tta)


151 kunjungan