Komitmen Despro Undika Olah Sampah Plastik bersama Robries Gallery

Image 29 Sep 2021

Universitas Dinamika (Undika) menggelar serangkaian Webinar Akbar pada bulan Agustus 2021. Dimulai pada 11 Agustus 2021 hingga 25 Agustus 2021, Webinar Akbar ini dimulai dengan Kelas Santuy, Kopi Senja, hingga Web Series Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada kesempatan kali ini, Undika mengundang salah satu perusahaan yang berfokus pada pemeliharan lingkungan dan pengelolaan sampah plastik di Surabaya yaitu Robries Gallery.

Robries Gallery yang digagas oleh Syukriatun Niam bersama dengan rekan-rekan sejawatnya memberikan edukasi tentang pentingnya mengelola sampah menjadi barang mempunyai nilai guna. “Kita berusaha untuk provide masyarakat dan memberikan perspektif baru tentang sampah plastik”, jelas wanita yang lebih akrab disapa Nia ini.  Hal ini tentunya penting dimengerti oleh seluruh bagian masyarakat karena Indonesia sendiri menghasilkan 490 ton sampah plastik dan meningkat sebesar 8,83% per tahunnya. Padahal sebenarnya beberapa jenis sampah plastik dapat diolah dan dibuat menjadi barang bernilai jual.

Mengusung konsep rethink and recreate out of waste material¸ Robries Gallery sudah menghasilkan beragam olahan dari sampah plastik berupa perabotan rumah tangga seperti meja, kursi, jam dinding, gelas, nampan dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, Robries Gallery juga sudah sering melakukan kolaborasi bertaraf nasional hingga internasional seperti dengan brand pakaian Uniqlo, brand F&B Jokopi hingga Mini Cooper Singapore untuk membuat barang-barang dekorasi bagi brand-brand tersebut.

Dalam Webinar yang bertajuk We Care, We Recycle ini, Nia juga menuturkan bahwa merubah habbit masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan langkah awal memilah sampah bukanlah hal yang mudah. “Bahkan kita berkomunikasi dengan Bank Sampah dan mereka menuturkan bahwa butuh waktu kurang lebih 5 tahun agar masyarakat mau turut andil dalam pemilihan sampah,” tuturnya. Oleh sebab itu Robries Gallery mempunyai visi misi untuk terjun langsung dan mengedukasi masyarakat agar tercipta kehidupan yang sustainable hingga masa mendatang. Dalam menggiati kegiatan positif bagi masyarakat dan juga lingkungan ini, Robries Gallery bekerjasama dengan Bank Sampah di seluruh area Jawa Timur serta komunitas-komunitas pecinta lingkungan lainnya. 

Ryan Adi selaku Kabag Public Relations yang juga penanggung jawab Webinar We Care, We Recycle mengungkapkan bahwa ini menjadi langkah awal bagi Undika untuk turut berpartisipasi dalam pengelolaan sampah plastik di lingkungan sekitar. Undika memang sudah lama untuk concern pada aktivitas pemeliharaan lingkungan, bahkan juga sudah masuk Rangking 50 besar dalam UI Green Metric. “Nantinya teman-teman mahasiswa Prodi Desain Produk juga akan melakukan kerjasama dengan Robries Gallery untuk membuat karya-karya berbahan dasar sampah plastik dan mempunyai nilai jual”, ungkap Ryan. (Cla)


SEARCH