Aplikasi Event-In Karya Mahasiswa Universitas Dinamika Menjadi Wadah Bertemunya Penyelenggara Event dan Perusahaan

Cetak
Image 02 Feb 2024

D’Media, FTI – Saat kita merencanakan sebuah event, pencarian sponsorship adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Hal ini agar event bisa berjalan lancar dan meningkatkan keterlibatan pengunjung. Namun, masih sering terjadi dari pihak penyelenggara event yang kesusahan untuk mencari atau bertemu dengan perusahaan dan organisasi yang bisa menyediakan sponsorship. Melihat hal ini, mahasiswa DIII Sistem Informasi (D3 SI) Universitas Dinamika bernama Ilham Fatahillah Ridwan menciptakan sebuah aplikasi Event-in.


Event-in adalah aplikasi yang bisa mempertemukan pihak penyelenggara event dengan perusahaan atau organisasi yang menyediakan sponsorship. Aplikasi ini dibuat dalam bentuk mobile apps yang menggunakan operating system berbasis Android.


Saat diwawancarai pada Rabu (31/01/2024), Ilham menjelaskan alasan dibalik penciptaan aplikasi tersebut. “Saya sering melihat orang-orang yang punya event kebingungan untuk mencari sponsorship, entah tidak punya kontak dari perusahaan atau tidak mengerti perusahaan apa saja yang terbuka untuk sponsorship.”, ucap Ilham.


Selain alasan tersebut, Ilham bercerita bahwa ia juga pernah diposisi kebingungan mencari sponsorship saat menjadi penyelenggara event di masa pandemi Covid-19. “Dulu saya tidak tahu harus mencari sponsor di mana, harus menghubungi siapa, dan lain-lain. Dari situ, saya mendapatkan ide startup aplikasi yang bisa memudahkan masyarakat mencari sponsor.”, ujar mahasiswa yang saat ini bekerja sebagai programmer tersebut.


Di Event-in, perusahaan atau organisasi bisa mendaftarkan diri sebagai pemberi sponsor dan terbuka untuk bekerja sama dengan event-event yang membutuhkan sponsor. Dari pihak event pun juga bisa mengajukan proposal agar perusahaan atau organisasi bisa mengerti kebutuhan event.


Ilham juga bercerita mengenai kendala yang sempat ia temui selama pengerjaan. “Dari segi tampilan itu terkadang tidak sesuai dengan awal ide yang saya pikirkan. Penempatan fitur juga menjadi kendala yang membuat saya beberapa kali merombak ulang aplikasi yang sudah ditata.”, kata Ilham.

Aplikasi Event-in merupakan hasil tugas akhir yang telah Ilham susun selama satu semester. Saat ini, aplikasinya belum tersedia di Google Play Store, namun Ilham berencana untuk menjadikan Event-in sebagai aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat umum.


“Harapannya, aplikasi ini bisa segera diakses oleh masyarakat agar bisa memudahkan mereka saat mencari sponsorship. Lalu, saya juga berharap mahasiswa-mahasiswa D3 SI Universitas Dinamika bisa memunculkan aplikasi atau ide startup yang bermanfaat.”, pungkasnya. (tta)