Film Berjudul R’U-Pick? Karya Mahasiswa PFTV, Suguhkan Cerita Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir

Cetak
Image 15 Jul 2024

D’Media, FDIK – Setiap mahasiswa yang menempuh bangku perkuliahan di semester akhir, pasti akan mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Tugas akhir inilah yang akan menjadi salah satu faktor penentu kelulusan seorang mahasiswa. Tentunya, seringkali ditemui mahasiswa yang mengalami kesulitan dan cemas selama pengerjaan tugas akhir. Hal ini pun diangkat menjadi sebuah short movie oleh mahasiswa program studi Produksi Film dan Televisi (PFTV) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya).

          Dwi Cahyo Putro, mahasiswa PFTV angkatan ’20, membuat sebuah short movie yang berjudul R’U-Pick?. Film pendek fiksi bergenre drama ini ia buat sebagai karya tugas akhirnya selama menempuh perkuliahan di Universitas Dinamika.

          Dwi, begitu ia biasa dipanggil, mengatakan bahwa ide dari cerita ini diambil dari pengalaman yang ia lihat dari beberapa mahasiswa. “Saya banyak melihat mahasiswa-mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir maupun skripsi, termasuk saya sendiri,” ucapnya sambil tertawa.

          Di film ini, digambarkan seorang mahasiswa semester akhir bernama Joko yang sedang dihadapkan oleh berbagai masalah. Masalah-masalah tersebut datang dari berbagai sudut, yaitu dari masalah individu maupun kendala saat konsultasi dengan dosen pembimbing. Tidak hanya itu, Joko sendiri juga merasa minder melihat teman-temannya lulus, sedangkan ia belum. Dipaksa oleh keadaan, Joko pun harus memilih antara melanjutkan skripsi atau meninggalkan skripsinya.

          Dwi menjelaskan bahwa ia berusaha membuat filmnya relate dengan kehidupan sehari-hari. “Saya ingin masyarakat yang menonton film ini, khususnya para mahasiswa, merasa bahwa ada ‘kesamaan nasib’ antara tokoh utama dengan penonton, sehingga bisa menjadikan film ini sebuah comfort movie yang ringan ditonton namun mengandung pesan yang kuat,” ujarnya.

          Judul film ini, R’U-Pick? identik dengan permainan rubik. Dwi menonjolkan semiotika properti rubik sebagai penuntun jalannya cerita. R’U-Pick? merupakan metafora dari rumus rubik, yaitu R’U (R aksen U). R’U-Pick? bisa juga dibaca sebagai ‘are you gonna pick?’, yang apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti ‘apakah kamu akan memilih?’.

          Dwi mengatakan bahwa sebelum memasuki semester akhir, ia sudah memikirkan dan mendapat ide untuk film ini. “Sekitar enam bulan sebelum tugas akhir, saya sudah mendapatkan idenya. Lalu, saya menghabiskan dua bulan pertama di semester akhir untuk pra-produksi. Tiga hari untuk produksi, dan sisanya digunakan untuk pasca-produksi,” kata mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah tersebut. (tta)