Inovasi Mahasiswa Undika Ciptakan Sensor Parkir berbasis IoT

Cetak
Image 14 Nov 2023

D’Media, FTI - Dalam mengendarai mobil, ada kalanya kita untuk memarkirkan mobil di tempat yang telah disediakan. Namun, mobil yang tidak memiliki sensor mengalami kesulitan saat parkir. Melihat fenomena ini, mahasiswa Universitas Dinamika (Undika) bernama Fahmi Ardiansyah Putra mengeluarkan sebuah inovasi yang dapat memudahkan para pengendara untuk parkir, yaitu alarm pendeteksi jarak mobil menggunakan sensor ultrasonik berbasis IoT (Internet of Things).


Alat berupa prototype ini dapat memprediksi batas jarak aman ketika mobil akan parkir dengan menggunakan sensor ultrasonik yang berfungsi sebagai warning system. “Prototype ini akan menggunakan LCD untuk menampilkan angka jarak aman dan buzzer akan mengeluarkan suara warning jika mobil terlalu dekat dengan sebuah objek.”, ucap mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini.


“Pengendara bisa monitoring dan mengontrol jarak yang diinginkan melalui aplikasi di smartphone mereka yang terhubung dengan koneksi internet.”, ujarnya. Dalam uji coba prototype ini, Fahmi menggunakan aplikasi bernama MQTT Tool yang kegunaannya untuk mengetahui kondisi jarak mobil parkir dengan mengirimkan sensor ultrasonik, lalu diterima oleh device dengan protokol MQTT. Tingkat akurasi dari alat ini sebesar 93,33%.


“Harapannya semoga alat ini dapat membantu para pengendara mobil yang kesulitan dalam memarkirkan mobilnya agar menjadi lebih mudah dan terhindar dari kesalahan yang tidak diinginkan.”, pungkasnya. (Tita)


308 kunjungan