Alat Pasteurisasi Susu Berbasis MQTT Inovasi Mahasiswa Teknik Komputer Undika

Cetak
Image 14 Nov 2023

D’Media, FTI - Proses pasteurisasi susu adalah hal penting yang perlu dilakukan agar kandungan nutrisi dalam susu selalu terjaga. Namun, proses ini harus selalu dipantau secara langsung dari alatnya, sehingga dapat menguras waktu dan tenaga. Melihat hal ini, mahasiswa Universitas Dinamika (Undika) yang bernama Yoga Agustyan Adi Mirmanto berinovasi dengan menciptakan sebuah alat pasteurisasi susu dengan kontrol otomatis dan terintegrasi menggunakan MQTT (Message Queueing Telementry Transport).


Menggunakan fungsi IoT (Internet of Things), pemantauan suhu susu dan volume susu akan diolah menggunakan MQTT. “Sistem ini akan menghubungkan alat pasteurisasi susu dengan internet untuk mengirimkan data hasil pembacaan sensor dengan protokol MQTT, serta menambah sensor ultrasonik untuk mendeteksi volume susu yang sedang diolah.”, ucap mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini. Sensor ultrasonik yang digunakan adalah sensor HC-SR04.


MQTT jika dijelaskan secara singkat adalah sebuah protokol yang berjalan di atas TCP/IP dan untuk memungkinkan komunikasi antara mesin ke mesin tanpa alamat khusus. Dengan alat yang diinovasikan oleh Yoga, orang-orang bisa memantau hasil pembacaan sensor dari mana saja melalui gadget yang terhubung ke internet dan menggunakan protokol MQTT.


“Harapannya semoga alat pasteurisasi susu yang telah saya inovasikan ini dapat membantu banyak masyarakat Indonesia saat mengolah susu agar bisa lebih efisien.”, pungkasnya. (Tita)


512 kunjungan