Edukasi Kesehatan Mata Melalui Board Game Karya Mahasiswi Undika

Cetak
Image 15 Nov 2023

D’Media, FDIK - Mahasiswi Universitas Dinamika (Undika) kembali menciptakan sebuah inovasi. Inovasi yang diciptakan oleh mahasiswi bernama Gracia Emmanuelle ini adalah sebuah board game edukatif yang dinamai Mata & Panda. Secara singkat, board game adalah permainan yang diletakkan di atas papan dan telah dirancang dengan aturan yang telah ditetapkan.


Perbedaan antara board game pada umumnya dan yang Gracia inovasikan adalah Gracia menjadikan board game sebagai sarana edukasi bagi anak usia 6 - 12 tahun tentang penyakit mata, yaitu Miopia. “Tujuan saya ingin memberi edukasi kepada anak-anak maupun orang tua untuk mengenal sekaligus mencegah Miopia.”, ujar mahasiswi jurusan DKV tersebut. Miopia (rabun jauh) adalah kondisi di mana mata tidak bisa melihat terlalu jelas objek yang jauh.


Gracia memilih board game sebagai media dari konten edukasi Miopia karena proses edukasinya dapat menarik dan merangsang sistem motorik anak agar lebih aktif dan kolaboratif. “Board game ini saya kemas se-menarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk memainkannya dan pesan edukasinya bisa tersampaikan.”, ucapnya. Board game yang dibuat oleh Gracia mengambil inspirasi dari permainan Monopoli yang telah disederhanakan untuk anak usia 6 - 12 tahun.


Gracia menggunakan warna-warna cerah yang menenangkan serta karakter yang dapat menarik perhatian, yaitu Panda. Ia menggunakan teknik digital painting dalam menggambar karakter tersebut. Terdapat media pendukung lainnya yang turut disertakan, yaitu poster, sticker, x banner, dan gantungan kunci.


“Semoga inovasi board game ini bisa mengenalkan dan menambah pengetahuan tentang bahayanya Miopia kepada anak-anak dan orang tua, sekaligus bisa menjadi ide sarana media pembelajaran selain lewat buku dan digital.”, pungkasnya. (Tita)


651 kunjungan