Kontrol Emosi Anak Melalui E-Book Berjudul “Emosi Negatifku”

Cetak
Image 15 Nov 2023

D’Media, FDIK - Salah satu poin penting dalam tumbuh kembang anak adalah perkembangan emosi mereka. Untuk bisa memaksimalkan proses belajar dan kematangan emosi anak, perlu adanya pengawalan emosi dari orang tua untuk mengontrol sikap buruk yang keluar akibat emosi negatif anak. Dari situ, seorang mahasiswi Universitas Dinamika (Undika) menciptakan sebuah karya inovasi e-book ‘Emosi Negatifku’.


‘Emosi Negatifku’ adalah sebuah e-book yang dibuat berbentuk serial cerita anak bergambar yang jelas dan menarik. “Tujuan dari dibuatnya e-book ini adalah untuk mengenalkan emosi negatif dan cara mengelolanya kepada anak usia 4 - 6 tahun.”, ujar mahasiswi pencetus inovasi ini, Laily Daffa Firjatullah.


E-book ini dapat membantu anak-anak agar dapat memahami emosi negatif yang dirasakannya sejak dini. “Saya juga mengkonsultasikan materi yang telah dirancang ke psikolog agar materi yang disampaikan benar adanya.”, ucap mahasiswi jurusan DKV tersebut. E-book ini dibagi menjadi 8 bab yang masing-masing dari bab menceritakan tentang emosi-emosi yang muncul pada manusia.


E-book yang berjenis children illustration ini menggunakan teknik flat desain dalam pembuatan karakternya. Teknik flat desain berfokus pada penggunaan warna yang solid, tipografi, dan elemen yang sederhana. E-book ini didukung oleh audio yang bisa mendukung suasana saat membaca serta trivia game yang menarik. Media pendukung lainnya adalah sticker, poster, x banner, dan gantungan kunci.


E-book ini saya buat dengan harapan agar bisa membantu anak beserta orang tua untuk mendapatkan edukasi pentingnya mengenal dan cara mengelola emosi negatif pada anak.”, tutupnya. (Tita)


427 kunjungan