Buku Ilustrasi Digital “Mengenal Pahlawan dalam Upacara Bendera” Tawarkan Kisah Pahlawan secara Kreatif

Cetak
Image 16 Nov 2023

D’Media, FDIK - Bagi siswa yang masih menempuh bangku sekolah, Upacara Bendera adalah kegiatan wajib yang tiap hari Senin dilakukan. Namun, siswa-siswi khususnya tingkat SD, banyak yang belum mengenal sosok pahlawan dibalik lagu Indonesia Raya, penjahit bendera pusaka dan pengibar bendera pertama kalinya. Maka dari itu, mahasiswi Universitas Dinamika (Undika) yang bernama Aurora Shafira Nafisha Warda menciptakan sebuah buku ilustrasi untuk mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan tersebut menggunakan teknik digital illustration.


Buku ilustrasi yang diberi judul “Mengenal Pahlawan dalam Upacara Bendera” ditujukan untuk anak SD yang berusia 10 - 12 tahun. “Saya ingin anak-anak di usia itu bisa lebih mengenal para pahlawan yang telah berjasa dalam memerdekakan bangsa Indonesia.”, ujar mahasiswi jurusan DKV tersebut. Tokoh pahlawan yang dipilih adalah S.K. Trimurti pengibar Sang Saka Merah Putih pertama kalinya, Fatmawati yang menjahit Sang Saka Merah Putih, dan W.R. Soepratman yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.


“Teknik yang digunakan dalam buku ini adalah teknik digital illustration dengan art style semi realisme, sehingga dapat menarik perhatian anak-anak untuk membaca buku ini.”, ucapnya. Buku ini didukung oleh konsep pembelajaran tematik, karena dengan tematik anak akan dihadapkan langsung pada sesuatu yang nyata sehingga mereka akan lebih aktif dalam belajar.


“Semoga buku ini bisa mengenalkan ketiga pahlawan tanah air ini kepada anak-anak dan bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme para anak-anak muda penerus bangsa ini.”, tutupnya. (Tita)


594 kunjungan