Keterbatasan Alat bukan Penghalang, Mahasiswa DKV Raih Juara Fotografi tingkat Nasional

Cetak
Image 22 Dec 2023

D’Media, FDIK – Fotografi adalah salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh masyarakat, karena saat ini orang-orang bisa dengan mudah memotret sesuatu. Hanya melalui handphone pun juga bisa menghasilkan foto yang baik. Hal ini dilakukan oleh Darma Muktabar, salah satu mahasiswa DKV Universitas Dinamika yang memenangkan perlombaan fotografi tingkat nasional hanya dengan menggunakan kamera handphone.


Mahasiswa yang akrab dipanggil Darma tersebut meraih juara 3 dalam Lomba Kesenian Nasional yang diselenggarakan pada 6 November 2023 secara online. Lomba tingkat nasional itu diikuti oleh beberapa kalangan, mulai dari SMP, SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum.


Darma mengungkapkan bahwa dia tidak menggunakan kamera professional pada umumnya, melainkan hanya menggunakan kamera handphonenya. “Saya memanfaatkan dengan maksimal alat yang saya miliki saat ini, dan itu tidak membuat nyali saya ciut. Saya malah termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik.”, ucap mahasiswa yang memiliki hobi fotografi tersebut.

Darma juga bercerita mengenai kecintaannya terhadap dunia fotografi. “Saya sudah tertarik dengan fotografi dan videografi sejak SD. Saya selalu mengusahakan untuk mengabadikan setiap momen yang menurut saya menarik.”, ujarnya. Dia pernah magang di bagian fotografi dan videografi karena ingin menekuni kedua bidang tersebut saat masih di bangku SMK.


Saat ditanya mengenai persiapan sebelum mengikuti perlombaan ini, Darma tidak terlalu memersiapkan diri. “Jika sudah hobi, pasti akan dilakukan terus menerus. Kemanapun selalu saya usahakan untuk memotret sesuatu agar menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi saya, atau bahkan bisa dijadikan bahan untuk mengikuti perlombaan.”, tuturnya.


Mahasiswa DKV angkatan ’21 ini belajar fotografi secara otodidak. Dia seringkali menonton YouTube untuk memahami beberapa komponen penting dalam fotografi, seperti komposisi kamera, angle kamera, dan lain sebagainya. Kemudian, apa yang telah dia pelajari pun diterapkan dan diasah terus menerus sehingga bisa memenangkan lomba tingkat nasional ini.


“Harapan saya semoga ini bisa menjadi motivasi teman-teman yang tertarik dalam dunia fotografi, untuk tetap mengasah kemampuan kalian dalam memfoto. Tidak harus memiliki alat yang proper, dengan handphone pun bisa menghasilkan foto yang menarik.”, pungkasnya. (tta)


321 kunjungan