Poster Budaya dan Tata Krama Anak Muda Karya Mahasiswa DKV Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Cetak
Image 03 Jan 2024

D’Media, (03/01/2024) – Di era serba modern seperti saat ini, sangat mudah bagi informasi dan budaya untuk masuk ke masyarakat, khususnya para anak muda. Anak muda saat ini mulai banyak yang terpengaruh budaya luar, mulai dari pakaian hingga tata krama. Melihat isu sosial tersebut, mahasiswa Universitas Dinamika yang bernama Sheta Priabudi Tolala menggambar sebuah karya poster yang dilombakan di MUFEST (Multimedia Festival).


MUFEST adalah ajang perlombaan desain untuk mahasiswa se- Indonesia. Tidak hanya perlombaan saja, MUFEST juga mengadakan seminar tingkat nasional. Kegiatan ini tiap tahunnya dilaksanakan oleh BSO TIMM Himatika FMIPA UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).


Tema yang ditentukan tahun ini adalah ‘Merajut Budaya Satukan Indonesia’. “Dari tema yang membahas tentang budaya, saya pun ingin mengangkat fenomena anak muda yang lupa dengan budaya mereka dan darurat tata krama.”, ucap mahasiswa DKV tersebut. Karya poster Sheta diberi nama ‘Culture Journey’ (perjalanan budaya).

Sheta bercerita bahwa ide karya ini datang dari pengalaman sehari-hari. Ia melihat bahwa pengetahuan anak-anak muda mengenai budaya Indonesia serta tata krama mereka mulai memudar. Dari karya poster itulah, ia mengeluarkan responnya mengenai isu tersebut.


Perlombaan yang dilaksanakan pada 15 Oktober 2023 hingga 29 November 2023 ini diadakan secara online. “Saat saya scroll Instagram untuk mencari info lomba desain poster, saya menemukan info lomba ini dari Instagram mufest.himatikauny.”, ujar mahasiswa yang memiliki minat di dunia visual art tersebut.


Dari karya poster tersebut, Sheta berhasil meraih juara 2 tingkat nasional yang diumumkan pada 29 November 2023. Ia membawa pulang sebuah sertifikat dan piala.


“Semoga dengan prestasi yang telah saya raih bisa menginspirasi teman-teman mahasiswa DKV lainnya untuk berkarya sehingga bisa meraih prestasi yang bisa membanggakan kampus.”, pungkasnya. (tta)


1301 kunjungan