Albert Liem, Mahasiswa Teknik Komputer Kembali Raih Juara 1 di Lomba Fotografi Nasional

Cetak
Image 20 Aug 2024

D’Media, FTI Prestasi membanggakan datang dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya). Salah satu mahasiswa program studi S1 Teknik Komputer berhasil meraih juara 1 dalam lomba fotografi dan lomba foto model.

          Mahasiswa yang bernama Albert Liem tersebut mengikuti perlombaan fotografi nasional pada 20 Maret 2024. Tidak hanya satu kategori saja, namun ia berhasil memenangkan dua kategori sekaligus dalam satu pagelaran lomba.

          “Saya mengikuti lomba kategori fotografi dan foto model, dan syukurnya dua-duanya berhasil memperoleh juara 1,” ujar Albert. Lomba ini diselenggarakan oleh Ruang Lomba Nasional dan dilakukan secara online.

          Albert menjelaskan bahwa kedua tema dari kategori tersebut adalah bebas, sehingga ia pun menggunakan tema tersendiri dalam dua foto tersebut. “Saya memilih tema alam, karena saya suka memfoto pemandangan alam dan seringkali mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang menarik,” jelasnya.

          Ia juga mengatakan bahwa ia tidak menyangka bahwa ia akan menang. “Sebenarnya saya hanya iseng saja mengikuti lomba ini tanpa ekspektasi untuk menang, karena ‘kan ini lombanya tingkat nasional, pasti ada banyak peserta lainnya dengan karya-karya yang tidak kalah bagus dari milik saya,” kata Albert.

          Albert mengungkapkan bahwa ia juga pernah mengikuti lomba yang serupa di tahun lalu. Mulai dari itu, ia jadi sering mengambil foto saat ada momen yang pas. “Foto-foto yang sudah saya ambil kemudian saya kumpulkan dan saya gunakan untuk lomba,” ucapnya. Foto-foto yang ia ambil seringkali menggunakan kamera handphone.

          Albert bercerita bahwa untuk foto yang berhasil membuatnya juara diambil saat ia sedang liburan ke Jogjakarta. “Saat itu saya sedang mengunjungi tempat-tempat wisata, dan kebetulan di suatu tempat yang jaraknya tidak jauh dari penginapan saya memiliki pemandangan alam yang bagus,” ungkapnya.

          Hal yang sama juga ia lakukan saat foto model. Saat itu ia sedang liburan tahun baru di Pulau Sumba dan mengunjungi tempat wisata yang belum terlalu diketahui oleh banyak orang. “Saya mengunjungi rumah tante saya, kemudian ditunjukkan tempat wisata tersebut. Karena pemandangannya bagus dan masih sepi orang, maka saya ambil foto model di tempat itu dan yang menjadi modelnya adalah saya sendiri,” sambungnya.

          Mahasiswa yang dulu pernah menjadi Top 5 Duta Pariwisata Remaja tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tersebut mengatakan bahwa setelah ia meraih juara tersebut, ia mendapatkan tawaran untuk mengikuti kompetisi Koko – Cici Provinsi Sulawesi Tengah. “Tentunya saya sangat senang sekali karena dengan prestasi saya ini juga bisa membuka kesempatan lain bagi saya untuk berkembang di bidang lainnya,” tandasnya. (tta)


330 kunjungan