Film Pendek ‘Sosiale’ Karya Mahasiswa PFTV Berhasil Raih Juara 1 Tingkat Nasional

Cetak
Image 06 Sep 2024

D’Media, FDIK - Sebuah prestasi membanggakan datang dari program studi Produksi Film dan Televisi (PFTV) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya). Tiga mahasiswa PFTV berhasil meraih juara 1 di ajang National Collaborative Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Potensi Utama Medan pada bulan Juli lalu.

Ketiga mahasiswa tersebut bernama Herdiansyah Dwi Saputra, Umbu Peddy Mahambilir, dan Naufal Hanif Fiersanto. Herdiansyah menjelaskan bahwa ajang National Collaborative Competition merupakan ajang tingkat nasional yang diikuti oleh banyak kontestan lain.

“Kami meraih juara 1 di bidang lomba film pendek fiksi di ajang ini dengan film pendek kami yang berjudul Sosiale,” ucap Herdi. Ia pun juga menjelaskan bahwa film pendek tersebut dibuat mulai dari bulan Januari 2024, dengan membahas salah satu isu sosial yang sering ditemui di masyarakat, yaitu sosial media sebagai ajang meningkatkan pamor.

Umbu Peddy Mahambilir, yang akrab dipanggil Uped, mengatakan bahwa selama produksi film berlangsung banyak hal yang menurutnya menjadi tantangan tersendiri. “Kendalanya seperti menata cahaya yang harus sesuai keinginan sutradara, dan waktu produksi film yang sangat singkat, yaitu tiga hari saja,” ungkapnya.

Film pendek Sosiale juga meraih juara di lomba lainnya, yaitu Festival Sinemakom yang diselenggarakan oleh Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia di Bandung. Sosiale berhasil menyabet juara 2 kategori lomba film pendek tingkat nasional.


Dengan pencapaian-pencapaian membanggakan ini, Herdi pun mengungkapkan harapannya. “Harapannya, kami bisa membawa Sosiale ke festival-festival yang lebih besar hingga tingkat internasional,” pungkas Herdi. (tta)


159 kunjungan