Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Dinamika Raih Juara 1 Akuntansi Tingkat Nasional

Cetak
Image 10 Sep 2024

D’Media, FTI – Prestasi kali ini datang dari program studi (prodi) S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya). Mahasiswa bernama Wahyu Adinda Nur Assyifa meraih juara 1 lomba akuntansi di kompetisi sains tingkat nasional ‘Braindicator’ pada bulan Mei 2024.

Mahasiswa yang akrab dipanggil Dinda tersebut mengatakan bahwa ia mengetahui informasi lomba dari salah satu akun Instagram yang mengunggah lomba tersebut. “Saat scrolling Instagram, saya menemukan info lomba tersebut. Seketika saya pun tertarik untuk mencobanya, walaupun akuntansi bukan fokus keilmuan yang saya tekuni,” ucapnya.

Walaupun akuntansi bukan fokus ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah, namun Dinda pernah memelajarinya saat masih berstatus sebagai siswa. “Dulu, saya sempat memelajari akuntansi saat di bangku SMP dan SMA. Jadi, saya masih ingat beberapa materinya,” ujarnya.

Dinda mengatakan bahwa sebelum lomba, ia memelajari kisi – kisi soal yang telah dikirim oleh panitia lomba. Selain kisi-kisi soal, ia juga memelajari beberapa materi di internet. Ia pun juga menceritakan beberapa kendala yang sempat ia temui selama mengikuti lomba. “Seringkali internetnya tidak lancar dan ada beberapa soal menghitung yang cukup tricky sehingga membutuhkan waktu lebih dalam pengerjaannya,” ungkapnya. Persiapan ini ia lakukan selama tiga hari menjelang perlombaan.

Usaha Dinda pun membuahkan hasil. Ia berhasil lolos ke tahap grand final yang diselenggarakan secara offline di Jakarta. “Disana hanya ada lima peserta, empat diantaranya berasal dari perguruan tinggi negeri, dan hanya saya sendiri yang berasal dari perguruan tinggi swasta,” katanya sambil tertawa kecil. Ia berhasil menyingkirkan keempat lawannya dan menyabet juara 1 di lomba ‘Braindicator’ kategori akuntansi.


Di perlombaan ‘Braindicator’, Dinda tidak hanya mengikuti satu kategori lomba, melainkan dua kategori. “Saya juga mengikuti kategori geografi, dan berhasil meraih juara 3,” gumamnya. (tta)


212 kunjungan