Terapkan Inovasi Digital, Bisnis Mahasiswa Jadi Viral

Cetak
Image 06 Jul 2023

D’Media (06/07/2023) – Ayam remo yang sempat viral di sosial media beberapa waktu lalu, adalah bisnis yang dibuat oleh mahasiswa S1 Sistem informasi Universitas Dinamika (STIKOM) Surabaya, Calvin Young. Ayam remo adalah ayam rempah utuh suroboyo, Calvin menjual konsep ayam utuh dengan 3 varian rasa, ayam original, ayam goreng tepung dan ayam bakar dengan harga mulai 25 ribu rupiah. Belum genap 1 bulan usaha ini didirikan, namun penjualan ayam remo di hari pertama grand opening mencapai 600 ekor ayam.



Bisnis ayam ini berawal dari studi kasus dalam skripsi saya tentang inovasi digital, yang kemudian di implementasikan dalam bisnis ini bersama dosen pembimbing saya. Beberapa strategi dengan menerapkan inovasi – inovasi digital kami lakukan, mulai dari optimalisasi sosial media, market research, mengoptimalkan pemasaran dengan digital marketing, serta mengkombinasikan beberapa teknologi dalam bisnis ini.”Tutur Calvin

Saya merasakan dampak positif dari penerapan inovasi digital ini, saat ini rata-rata penjualan kami baik dine in atau take away mencapai 150 ekor per hari, belum termasuk pemesanan khusus untuk kegiatan-kegiatan di instansi dan perkantoran. Pembeli kami berasal dari berbagai kota dan yang terjauh adalah dari semarang dan Jakarta. Saat kami tanya rata-rata mereka mengatakan tau dari sosial media dan google.”ungkap Calvin.

                                                                Outlet Ayam Remo, Jl. Gubeng Kertajaya IX Raya No. 1, Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya


Saat ini Calvin berharap bisa mengembangkan bisnisnya agar lebih besar lagi setelah lulus pada bulan oktober nanti, sehingga bisa membuat banyak cabang dan bisa lebih banyak lagi membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat. (Adi)


1977 kunjungan