Sterilisasi Virus, Ciptakan D-Bos

Cetak
Image

SURABAYA, Jawa Pos - Berbagai persiapan dilakukan kampus-kampus negeri maupun swasta dalam menghadapi new normal. Salah satunya Universitas Dinamika (Undika). Kampus tersebut meluncurkan inovasi D-Bos. Yakni, alat sterilisasi barang dari virus.

Kepala Bagian Administrasi Umum Indra Gunawan menyatakan, saat ini Undika menjalankan masa transisi menuju tatanan kehidupan baru. Berbagai persiapan untuk protokol pencegahan Covid-19 pun dilakukan.

Mereka menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan pemisahan akses keluar masuk kampus. "Sekarang kami membuat boks pembasmi kuman, bakteri, dan virus yang menempel pada benda," katanya.

Gunawan menjelaskan, boks tersebut dinamai D-Bos. Yakni, Dinamika Box of Sterilization. Bentuknya seperti rak buku. Ada dua kotak yang dibuat. "Alat tersebut diletakkan di Pos 1 (Keamanan) dan perpustakaan," ujarnya.

Gunawan menuturkan, D-Bos memanfaatkan cahaya ultraviolet (UV). Ide tersebut terinspirasi dari alat sterilisasi ruang operasi. Fungsinya membunuh kuman dan bakteri. "Kami membuat bentuk boks untuk diletakkan di lokasi yang sering menerima barang dari luar," ujarnya. (ayu/c19/dio).


Berita ini telah tayang di Koran Jawa Pos pada Rabu 1 Juli 2020

Repost oleh PR Undika : Lathifiyah


358 kunjungan