Ajarkan Basic Pembuatan Berita & Pengelolaan Website, Tutup Rangkaian Pelatihan Jurnalistik

Cetak
Image

Pada hari ketiga rangkaian kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Badan Eksekutf Mahasiswa (BEM), para peserta yang juga merupakan perwakilan dari anggota Organisasi Mahasiswa Undika mendapatkan dua materi sekaligus. Akhir rangkaian kegiatan yang diadakan pada Rabu (14/10) tersebut menghadirkan staff Public Relations dan staff Pusat Pengembangan & Penerapan Teknologi Informatika (PPTI) Undika sebagai pengisi materi. 


Materi pertama yang disampaikan oleh Khoirotul Lathifiyah selaku staff Public Relations ini mengedukasi para peserta untuk mengetahui basic penulisan berita yang baik, benar dan juga menarik pembaca. “Berita yang menarik adalah berita yang memiliki informasi penting dan dampak bagi khalayak banyak”, ujarnya. Fiyah yang juga merupakan mantan wartawan salah satu portal berita online di Surabaya ini juga menekankan tentang penetuan angle, penetuan judul, penggunaan EYD yang benar serta foto pendukung agar berita tersebut memiliki news value. “Selain itu kalian harus mengoreksi tulisan kalian sebelum dipublikasikan untuk menghindari typo pada berita yang ditulis,” tambahnya. 

Di akhir sesinya, Fiyah mengajak para peserta untuk praktek langsung membuat sebuah artikel singkat dengan judul-judul yang sudah ditentukan sebelumnya. Setelah itu beberapa karya artikel mahasiswa langsung diberi penilaian juga koreksi langsung olehnya.

Lalu pada sesi kedua, para mahasiswa mendapatkan materi terkait pengelolaan website yang diberikan oleh Nuansa Jala Persada. Salah satu staff PPTI yang bertugas mengurus website Undika ini mengajarkan para peserta untuk mulai membuat website bagi tiap-tiap Ormawa yang ada di Undika. “Website ini nanti kalian bisa operasikan sendiri untuk update informasi organisasi kalian.” ujar Nuansa. 


Kegiatan ini diharapkan nantinya mampu menjaga peringkat website Undika yang sudah masuk ke dalam peringkat 4ICU. Selain itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa diharapkan bisa semakin aktif memberikan informasi terupdate lewat website internal mereka. “Jadi setelah ini kalian bisa mengaplikasikan ilmu menulis berita dari sesi pertama tadi dengan menulis kegiatan Ormawa kalian di website. Selain itu bisa juga menulis resensi buku, film dan lain sebagainya,” pungkas Nuansa. 


355 kunjungan