Undika Berkomitmen Bersinar Bareng BNN Jawa Timur

Image 16 Aug 2021

Universitas Dinamika telah berkomitmen untuk bersih dari narkoba (Bersinar) bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur. Aksi tersebut ditandai dengan mengikuti penandatanganan MoU melalui zoom meeting bersama belasan kampus di Jawa Timur. 

Rektor Undika Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. menyampaikan sebagai lembaga pendidikan harus bisa mengedukasi lingkungannya agar tidak menyalahgunakan narkoba. 

“Karena narkoba ini masih ada aja yang senang menyalahgunakannya. Nah itu dilarang pun masih ada, karena namanya kejahatan terus ada. Apalagi ada saja yang tertangkap, baik yang muda atau tua,” kata dia.

Menurutnya dengan masih adanya masyarakat yang menyalahgunakan narkoba ini perlu peran lembaga pendidikan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan. Tentunya harus dimulai dari lingkungan kampus terlebih dahulu, baik bagi karyawan, dosen, dan juga mahasiswanya. 

Prof. Budi menjelaskan dengan berkomitmen untuk bersih dari narkoba, Undika bisa berpartisipasi untuk membantu program pemerintah, khususnya BNNP Jatim untuk ikut andil dalam menjaga desa, kelurahan untuk bersinar (bersih dari narkoba).

“Tentunya melalui beberapa kegiatan seperti KKN, sosialisasi, sperti magang, dan lainnya,” kata Prof. Budi. 

Oleh sebab itu, selanjutnya pihak rektorat dan kemahasiswaan akan mensosialisasikan program Bersinar untuk menjaga desa dan kelurahan pada mahasiswa. Sehingga nantinya jika ada kegiatan yang interaksi langsung atau berhubungan dengan masyarakat bisa sekaligus mengedukasi tentang dampak negatif penyalahgunaan narkoba. 

MoU antara Undika dengan BNNP Jatim ini akan berlangsung selama dua tahun ke depan. Selama perjanjian kerjasama ini kedua pihak akan menyelenggarakan program yang akan dilaksanakan kedepannya. 

“Saya berharap di Undika itu bisa bersih dari narkoba, sehingga bisa mengedukasi masyarakat sekitar,” katanya. 


Disamping itu, Kepala BNNP Jatim Brigjen. Pol. Drs. Mohamad Aris Purnomo mengungkapkan bahwa tujuan MoU sebagai bentuk kerjasama antara BNNP Jatim dan universitas untuk melaksanakan program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN.

“Saya berharap civitas, khususnya mahasiswa dapat menjalin sinergi dengan masyarakat dan lembaga BNN, serta dapat mewujudkan individu dan masyarakat yang bersikap tegas menolak penyalahgunaan narkoba,”  kata dia. 



SEARCH