Tingkatkan Inovasi Teknologi Otomotif, Undika Jalin Kerjasama dengan HBCI

Cetak Image 16 Nov 2021

Dalam meningkatkan dan memanfaatkan inovasi teknologi otomotif yang dibuat oleh para mahasiswa dan dosen Universitas Dinamika (Undika), pihak kampus menjalin kerjasama dengan Komunitas Honda Brio Club Indonesia (HBCI). Kerjasama tersebut dilakukan dengan melakukan penandatangan MoU di Lapangan Parkir Undika pada Sabtu (13/11).

Rektor Undika Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. menyampaikan  selama ini beberapa mahasiswa Teknologi Komputer kerap berinovasi aplikasi untuk motor maupun mobil.

“Seperti alat deteksi kantuk, alat deteksi tekanan ban mobil menggunakan wireless dan masih banyak lagi,” kata Prof. Budi. 

Dengan melakukan kerjasama dengan komunitas HBCI ini, nantinya Undika akan melakukan diskusi terkait pengembangan alat atau inovasi yang dibutuhkan oleh pengendara di Indonesia, atau bahkan di dunia. 

Ia juga menjelaskan pihak kampus membutuhkan pihak terkait dalam membuat sebuah teknologi baru, agar inovasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Sehingga inovasi yang dibuat oleh civitas bisa benar-benar bermanfaat. 

Kerjasama yang terjadi ini merupakan kerjasama pertama yang berhubungan dengan dengan dunia otomotif, Undika sadar, untuk penngembangan teknologi dibidang otomotif juga membutuhkan masukan dari stakeholder lainnya. Selain itu, tidak lama ini Undika akan meluncurkan inovasinya berupa mobil listrik.

Disamping itu, Ketua HBCI Rudi Prayetno menyampaikan bersedia dan berkomitmen mendukung pengembangan inovasi teknologi Undika, khususnya bidang otomotif. 

“Inovasi seperti pengingat atau alarm kantuk atau lainnya ini sangat diperlukan. Apalagi selama ini terjadinya kecelakaan karena human error,” katanya.

Harapannya komunitas HBCI kedepannya bisa mendukung pengembangan atau inovasi yang dibuat oleh Undika.


Undika : Lathifiyah

SEARCH