Despro Undika Latih Siswa SMA Khadijah Bikin Portofolio Diri atau Lembaga

Cetak Image 19 Nov 2021

Universitas Dinamika (Undika) yang dulu STIKOM Surabaya melatih siswa SMA Khadijah bikin portofolio untuk diri sendiri maupun lembaga. Dalam pelatihan oleh Dosen S1 Desain Produk Undika Darwin Yuwono Riyanto, S.T., M.Med.Kom., ACA ini diberikan secara teori dan praktik langsung.

Salah satu siswa Kelas II IPA SMA Khadijah Naila Rahma menyampaikan belum pernah praktik langsung membuat sebuah portofolio dan juga curriculum vitae. 

“Jadi pelatihan yang diberikan Undika sangat berguna dan memberikan hal baru,” kata dia.

Menurutnya praktik langsung membuat sebuah portofolio mempermudah siswa dalam mempelajarinya. Bahkan ia baru menyadari bahwa tugas-tugas sekolah seperti membuat seni lukis, diorama gedung dan tugas lainnya bisa termasuk dalam karya yang masuk dalam portofolio. 

Naila menyampaikan dengan pengetahuan baru tersebut bisa lebih semangat dalam membuat sebuah karya baik tugas guru maupun dalam perlombaan. Bahkan tugas-tugas yang sudah diperoleh akan didokumentasikan dan dimasukan dalam portofolio pribadinya. 

“Tadi juga praktik langsung menggunakan adobe photoshop dan diajarkan konsep dan dasar-dasar pembuatannya,” katanya. 

Ia berharap ke depannya Undika memberikan pelatihan serupa atau hal bidang teknologi, apalagi saat ini media digital sudah sangat berkembang. 


Sementara itu Dosen S1 Despro Undika Darwin menyampaikan portofolio merupakan sesuatu yang digunakan untuk melihat capaian-capaian yang telah didapatkan seseorang.

“Jadi prestasi, pengalaman atau hal lainnya yang direkap untuk mempresentasikan diri secara menarik,” kata dia.

Menurutnya portofolio ini sangat diperlukan dan berguna sebagai bukti performa seseorang yang pernah dilakukannya. Biasanya ini sebagai tujuan untuk memperoleh beasiswa pendidikan, pekerjaan dan kepentingan lainnya. 

Jadi portofolio harus dibuat rapi dan menarik, kata Darwin, sehingga penerima beasiswa, pekerjaan atau lainnya bisa tertarik dengan seseorang yang dijelaskan dalam portofolio. 

“Jadi dari isi, susunan dan desainnya harus bagus, rapi dan dapat menarik perhatian,” kata dia. 

Ia berharap ilmu yang diberikan pada siswa-siswi SMA Khadijah bisa bermanfaat dengan baik, sehingga bisa memilih dan menyadari prestasi atau karya yang harus dimasukan dalam portofolio.  Dengan begitu portofolio mereka bisa menambah performanya. 


Humas Undika : Lathifiyah



SEARCH