Undika Berhasil Membimbing Guru SMAN 2 Taruna Banyuwangi Bikin Buku Ajar Berbasis IT

Cetak Image 22 Nov 2021

Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) telah berhasil membimbing salah satu guru SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng Banyuwangi untuk membuat buku ajar kelas menengah atas dengan berbasis IT. Guru tersebut yakni Aliyah Lailin Naimah dengan buku ajar mata pelajaran Sosiologi. 

“Pihak sekolah ditunjuk kepala sekolah untuk mengikuti program yang diselenggarakan Undika dalam pengembangan Aplikasi MoLearn,” kata Lailin. 

Menurutnya program yang dilaksanakan Undika sangat penting dan menarik untuk diikuti, apalagi dirinya sudah lama ingin membuat buku ajar untuk siswa-siswinya. 

Ia menjelaskan dengan pelatihan dan bimbingan yang mudah dipahami dan diikuti oleh peserta membuatnya semangat hingga berhasil mencetak buku. Bahkan untuk proses cetak dan pengurusan ISBN dibantu penuh oleh Undika. 

“Jadi kebetulan kemarin buatnya buku ini masa pandemi, dan pelatihan diberikan secara daring, saya mencantumkan video dalam youtube dalam buku ajar, ada juga cantumkan QR code tentang materi yang ada di luar buku“ kata dia. 

Lailin sangat berterimakasih atas pelatihan yang diberikan Undika atau STIKOM Surabaya, sehingga bisa mewujudkan mencetak sebuah buku. Bahkan setelah workshop masih memperbolehkan diskusi via chat jika ada materi yang kurang dipahami.

Adapun pelatihan ini dilakukan oleh tim riset pengembangan pembelajaran model Blended Web Mobile Learning (BWML) Universitas Dinamika (Undika) yang terdiri dari Dr. Bambang Hariadi, M.Pd., Prof. Dr. Budi Jatmiko, M. Pd., Tri Sagirani, S.Kom. M.MT., Dr. M.J. Dewiyani Sunarto., Dr. Binar Kurnia Prahani, M.Pd., dan Tan Amelia, S.Kom., M.MT. Riset dan pendampingan tersebut dilakukan dalam program pembuatan aplikasi MoLearn, sebuah aplikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.



SEARCH