Dosen Undika Mengajar Interaksi Manusia dengan Komputer di RRI Surabaya

Cetak Image 23 Nov 2021

Dosen S1 Sistem Informasi Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) Tri Sagirani, S.Kom., M.MT. mengajar mata kuliah interaksi manusia dengan komputer yang disiarkan langsung di Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya. Dalam kelas yang diikuti oleh puluhan mahasiswa ini menjelaskan tentang user interface dan user experience atau yang lebih lekat dikenal dengan sebutan UI/UX.

“Mata kuliah ini biasanya ditempuh oleh mahasiswa semester 3, tujuannya memahami karakteristik pengguna sebuah aplikasi,” kata dia saat siaran. 

Menurutnya dengan memahami karakteristik pengguna atau antara manusia dan komputer ini mahasiswa bisa mendesain UI yang interaktif pada sebuah teknologi atau aplikasi. Selanjutnya aplikasi tersebut dievaluasi cocok tidaknya dengan user melalui research secara mendalam. 

Tri Sagirani menyampaikan ketika sebuah aplikasi mudah dipahami dan berjalan dengan baik saat digunakan pengguna berarti pembuat aplikasi mengerti tentang konsep UI/UX. Misalnya komputer yang tiap masa mengalami perkembangan, mulai dari dulu ukurannya besar dan tidak fleksibel kini bisa lebih minimalis dan mudah digunakan.

“Bahkan kemungkinan komputer nantinya akan lebih wearable dibandingkan dengan saat ini. Mungkin tinggal geser-geser saja,” kata dosen yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Undika ini.

Ia juga menekankan beberapa hal penting dalam memahami UI/UX, yakni membangun landasan dengan membuat elevator seperti menentukan kalimat singkat yang kurang dari 200 kata dalam waktu yang singkat dan bisa menyampaikan pesan secara langsung, mencari ide dengan memetakan pengguna atau user flow, dan keinginan yang didapat, dan membuat prototype  sebelum bisa digunakan masyarakat luas.

Meski begitu dalam memahami konsep ini diperlukan materi pendukung seperti psikologi untuk memahami karakter pengguna atau masyarakat, desain seperti AI, ekonomi dan mata kuliah lainnya. 


Humas Undika : Lathifiyah



SEARCH