Latih Keterampilan Tata Usaha Barunawati dengan Canva

Cetak
Image 13 Jul 2022

D’Media (13/07/2022) - Dalam rangka membangun keterampilan dan keahlian mendesain poster dan flyer di media sosial, Universitas Dinamika mengadakan pelatihan Canva selama dua hari pada Senin-Selasa (11/07-12/07) bagi Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS). Acara ini diikuti oleh 17 peserta yang beprofesi di bagian Tata Usaha, mulai dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi (PT).

Tiga dosen dari Prodi S1 Sistem Informasi Universitas Dinamika, yakni Didiet Anindita Arnandy, M.Kom., Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom., M.Eng., dan Achmad Arrosyidi, S.Kom., M.Med.Kom., MTA menjadi pemateri dalam kegiatan pelatihan ini. Selama dua hari pelatihan, para peserta diajak untuk mengenal basic desain grafis, motion graphic penggunaan Canva, hingga praktik langsung. “Mereka (peserta) sangat kreatif dan terlihat antusias selama mengikuti pelatihan,” ungkap Didiet.

 

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari Yayasan Barunawati. Kepala Bidang Sekretariat dan Umum YBBS, Achmad Sam'ian, M.Pd. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dibangun oleh Ketua Yayasan YBBS. "Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan peserta dalam membuat flyer dan aktif dalam membranding sekolah," kata Sam'ian. Selain itu, salah satu peserta, Nusroh, mendapatkan banyak pengalaman dalam mempelajari Canva. “Awalnya saya hanya tahu basic nya saja. Tapi setelah mengikuti pelatihan ini, saya jadi mengenal Canva lebih dalam,” ucap ibu yang berprofesi sebagai Tata Usaha SMA Barunawati.

Program pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Pelatihan dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3kM) yang diadakan di Universitas Dinamika. Kegiatan yang bersifat gratis ini dapat diikuti oleh siapa saja yang membutuhkan pelatihan dengan jumlah peserta minimal lima orang. Salah satu tim P3kM, Edo Yonatan Koentjoro, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk melatih dan memberikan keterampilan bagi masyarakat. “Pelatihan ini dapat diadakan secara offline/online dan tidak dipungut biaya,” tutup Edo. (Edo/Red)