Berantas Hoax Bersama PERHUMAS

Cetak
Image 18 Oct 2022

D’Media (18/10/2022)Universitas Dinamika berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan Perhumas Goes To Campus pada Senin (17/10). Andri Suryandari, M.Med.Kom, AMIPR selaku Sekretaris BPC Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Surabaya dan Hayuning Purnama D.Sos.,M.Med.Kom.,M.M.,CPM hadir untuk menjadi pemateri dalam kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Laksda Mardiono Undika ini. Mengangkat tema Peluang dan Tantangan Konvergensi Media bagi Praktisi Public Relations, kegiatan ini dihadiri oleh para mahasiswa dari beragam program studi serta tenaga pendidik di Undika.

“Undika ini kampus kedua yang kami (PERHUMAS) datangi, tujuannya adalah untuk mengajak adik-adik mahasiswa yang tertarik di bidang komunikasi untuk membahas isu atau yang sedang mengemuka di ranah komunikasi,” tutur Andri yang juga merupaka External Relations and Coop. PENS ini. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa PERHUMAS hadir untuk menjadi jembatan dalam rangka memberikan pemahaman dalam seputar masalah komunikasi yang kurang dipahami oleh generasi milenial saat ini.


Tema Tantangan Konvergensi Media menjadi penting untuk diangkat karena saat ini masih banyak masyarakat yang belum teredukasi tentang bagaimana harus bertindak dalam bermedia sosial serta mentreatment informasi dengan baik dan benar. Terlebih saat ini informasi dapat tersebar dengan cepat dan mudah melalui beragam platform media sosial. “Nah, salah satu tujuan PERHUMAS adalah untuk mengantisipasi hoax, jadi kita berbicara baik,” tutur Andri. Menurutnya, hal tersebut harus diperjuangkan agar menjadi sebuah budaya penting di negara Indonesia.

Tidak hanya sekedar sharing informasi penting mengenai tema yang diangkat, Andri dan Hayuning juga mengajak para mahasiswa Undika untuk bergabung bersama di PERHUMAS MUDA. Hayuning menjelaskan bahwa ada dua program dari PERHUMAS yaitu PERHUMAS bagi para praktisi serta PERHUMAS MUDA bagi para mahasiswa. “Jadi di setiap acara yang diadakan, PERHUMAS MUDA boleh ikut gabung dan berpartisipasi. Bahkan boleh create event sendiri tetapi tetap melibatkan PERHUMAS ya,” jelas Hayuning. Ia pun berharap ada perwakilan dari Undika yang mau bergabung dengan PERHUMAS MUDA agar bisa memberikan dampak nyata bagi lingkungan sekitar. “Serta bisa melakukan pengembangan soft skill dan mendapat insight serta bekal untuk menantang masa depan,” harap Hayuning. (Cla)