D’Media, (28/12/2023) – Pada tanggal 15 Desember 2023, telah diselenggarakan sebuah acara kuliah tamu program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bertempatan di Gedung Serbaguna, Universitas Dinamika.
Kuliah
tamu yang berjudul Desus (Demographic Issues) ini diikuti oleh dosen
DKV, mahasiswa DKV dari berbagai angkatan, serta masyarakat umum yang memiliki
bisnis yang bergerak di bidang UMKM. “Kuliah tamu ini membahas mengenai bonus
demografi yang dikaitkan dengan hubungan pelaku UMKM dan desainer. Dari situ,
materinya akan berisi tentang bagaimana cara membangun brand awareness
untuk UMKM, termasuk cara rebranding, promosi, dan lain sebagainya.”,
ujar Hanif Sholahuddin Zain, selaku ketua pelaksana Desus.
Panitia
mendatangkan seorang narasumber yang bernama Rosiana Ayu, Creative Director
di Utterly Studio. Ia juga memiliki bisnis baju bayi & anak dengan nama brand
Kalale yang ia rintis sejak tahun 2021 akhir. Ia pun berbagi pengalamannya tentang
apa yang perlu UMKM lakukan untuk membangun brand awareness.
Selain
itu, narasumber yang biasa dipanggil Kak Ocil ini juga memberikan tips-tips
kepada pelaku UMKM untuk menjaga eksistensi brand mereka. “Di era
sekarang yang dimana media sosial sudah semakin masif, kita harus semaksimal
mungkin memanfaatkannya untuk kepentingan promosi brand kita agar brand
makin dikenal oleh masyarakat.”, ucap Ocil.
Kuliah
tamu yang merupakan bagian dari program kerja Hima DKV ini diadakan secara offline
dan online melalui Zoom sejak pukul 14.00 hingga 16.00. Untuk peserta
yang hadir di Zoom adalah masyarakat yang memiliki bisnis UMKM dan ingin
belajar lebih jauh mengenai pentingnya brand awareness.
Selain
isi materi yang ditawarkan, ada sebuah keunikan yang terlihat dari acara kuliah
tamu ini. Dengan menggunakan konsep podcast warung kopi, kuliah tamu ini
menunjukkan perbedaan dari kuliah tamu pada umumnya. Para panitia menggunakan
properti-properti pendukung untuk menghias Gedung Serbaguna seolah-olah menjadi
warung angkringan.
Rosiana
Ayu duduk di meja ala warung angkringan bersama Dhika Yuan Yurisma, Kepala
Program Studi (Kaprodi) DKV yang pada saat itu menjadi moderator acara. Tidak
hanya berdua saja, mereka juga ditemani oleh panitia yang cosplay
menjadi pelanggan warung D’sus.
Tidak
hanya berhenti di dekorasi, warung D’sus juga menjual beraneka ragam minuman,
makanan kecil, dan mie instan yang bisa dibeli oleh peserta kuliah tamu ini. Panitia
yang cosplay menjadi pemilik warung pun melayani pesanan para peserta.
“Kami menggunakan konsep ini untuk memberikan tampilan yang baru agar menarik
dan ada unsur kedekatan yang harapannya bisa dirasakan oleh peserta.”, kata
Hanif.
“Tentunya
kami merasa ini sebuah hal yang baru, bisa dapat materi yang bermanfaat dan
nuansanya asik. Bisa pesan makanan atau minuman juga, ini keren banget sih.”,
seru Dustin, salah satu mahasiswa DKV yang menghadiri kuliah tamu tersebut.
Semoga dengan
diadakannya kuliah tamu ini bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat maupun
mahasiswa mengenai pentingnya brand awareness dalam sebuah bisnis yang
dirintis. (tta)