Kuliah Tamu Bernuansa Angkringan Ala Hima DKV

Cetak
Image 28 Dec 2023

D’Media, (28/12/2023) – Pada tanggal 15 Desember 2023, telah diselenggarakan sebuah acara kuliah tamu program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bertempatan di Gedung Serbaguna, Universitas Dinamika.


Kuliah tamu yang berjudul Desus (Demographic Issues) ini diikuti oleh dosen DKV, mahasiswa DKV dari berbagai angkatan, serta masyarakat umum yang memiliki bisnis yang bergerak di bidang UMKM. “Kuliah tamu ini membahas mengenai bonus demografi yang dikaitkan dengan hubungan pelaku UMKM dan desainer. Dari situ, materinya akan berisi tentang bagaimana cara membangun brand awareness untuk UMKM, termasuk cara rebranding, promosi, dan lain sebagainya.”, ujar Hanif Sholahuddin Zain, selaku ketua pelaksana Desus.


Panitia mendatangkan seorang narasumber yang bernama Rosiana Ayu, Creative Director di Utterly Studio. Ia juga memiliki bisnis baju bayi & anak dengan nama brand Kalale yang ia rintis sejak tahun 2021 akhir. Ia pun berbagi pengalamannya tentang apa yang perlu UMKM lakukan untuk membangun brand awareness.


Selain itu, narasumber yang biasa dipanggil Kak Ocil ini juga memberikan tips-tips kepada pelaku UMKM untuk menjaga eksistensi brand mereka. “Di era sekarang yang dimana media sosial sudah semakin masif, kita harus semaksimal mungkin memanfaatkannya untuk kepentingan promosi brand kita agar brand makin dikenal oleh masyarakat.”, ucap Ocil.


Kuliah tamu yang merupakan bagian dari program kerja Hima DKV ini diadakan secara offline dan online melalui Zoom sejak pukul 14.00 hingga 16.00. Untuk peserta yang hadir di Zoom adalah masyarakat yang memiliki bisnis UMKM dan ingin belajar lebih jauh mengenai pentingnya brand awareness.


Selain isi materi yang ditawarkan, ada sebuah keunikan yang terlihat dari acara kuliah tamu ini. Dengan menggunakan konsep podcast warung kopi, kuliah tamu ini menunjukkan perbedaan dari kuliah tamu pada umumnya. Para panitia menggunakan properti-properti pendukung untuk menghias Gedung Serbaguna seolah-olah menjadi warung angkringan.


Rosiana Ayu duduk di meja ala warung angkringan bersama Dhika Yuan Yurisma, Kepala Program Studi (Kaprodi) DKV yang pada saat itu menjadi moderator acara. Tidak hanya berdua saja, mereka juga ditemani oleh panitia yang cosplay menjadi pelanggan warung D’sus.


Tidak hanya berhenti di dekorasi, warung D’sus juga menjual beraneka ragam minuman, makanan kecil, dan mie instan yang bisa dibeli oleh peserta kuliah tamu ini. Panitia yang cosplay menjadi pemilik warung pun melayani pesanan para peserta. “Kami menggunakan konsep ini untuk memberikan tampilan yang baru agar menarik dan ada unsur kedekatan yang harapannya bisa dirasakan oleh peserta.”, kata Hanif.


“Tentunya kami merasa ini sebuah hal yang baru, bisa dapat materi yang bermanfaat dan nuansanya asik. Bisa pesan makanan atau minuman juga, ini keren banget sih.”, seru Dustin, salah satu mahasiswa DKV yang menghadiri kuliah tamu tersebut.


Semoga dengan diadakannya kuliah tamu ini bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat maupun mahasiswa mengenai pentingnya brand awareness dalam sebuah bisnis yang dirintis. (tta)


330 kunjungan