Universitas Dinamika dan Pemerintah Desa Buncitan Lakukan Penandatanganan MoU untuk Wujudkan Buncitan Smart Village

Cetak
Image 28 Dec 2023

D’Media, (28/12/2023) – Pada tanggal 13 Desember 2023, perwakilan dari Universitas Dinamika mengunjungi Desa Buncitan yang berlokasi di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan kerja sama serta penandatanganan MoU.


Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan ‘Buncitan Smart Village’ yang targetnya akan direalisasikan pada tahun 2026. “Dengan bekerja sama dengan Universitas Dinamika melalui program Desa Binaan, dapat membantu kami untuk mewujudkan cita-cita Desa Buncitan yang maju secara teknologi, ekonomi, dan industri.”. ucap Mujiono, Kepala Desa Buncitan.


Anjik Sukmaaji, selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informasi (FTI) menjelaskan bahwa program Desa Binaan merupakan salah satu upaya bagi desa untuk melakukan pembenahan, perbaikan, dan pengembangan baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia. “Jika upaya ini berhasil, kesejahteraan pun dapat terwujud.”, ujar Anjik.


“Kami memilih Desa Buncitan sebagai Desa Binaan karena terdapat banyak potensi yang bisa dimanfaatkan, seperti industri perumahan, pariwisata, serta UMKM yang tentunya bisa mensejahterakan penduduk desa.”, kata Kepala Pusat Kerja Sama, Tri Sagirani. Melihat potensi-potensi tersebut, maka diperlukan peningkatan layanan, salah satunya adalah layanan pemerintahan desa berbasis digital.


Perwujudan Buncitan Smart Village akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan integrasi informasi di tahun 2024, dilanjutkan dengan pembenahan infrastruktur serta perekonomian di tahun 2025, dan terakhir dilakukan integrasi Smart Village di tahun 2026. Terdapat tiga tumpuan untuk mencapai Desa Buncitan agar bisa maju secara teknologi, ekonomi, dan informasi, yaitu Smart Technology, Smart Business, dan Smart Industrial Design guna menciptakan sistem teknologi yang bisa mendukung kinerja pemerintah desa sekaligus memajukan penduduknya.


“Harapan kami agar semoga kerja sama kami di program ini akan berjalan lancar dan kami bisa membantu mewujudkan cita-cita Desa Buncitan menjadi desa yang maju dan sejahtera.”, pungkas Tri. (tta)


275 kunjungan