Kuliah Tamu Mahasiswa Manajemen, “Kupas Tuntas Kegiatan Ekspor”

Cetak
Image 05 Jan 2024

D’Media, (05/01/2024) – Kegiatan impor dan ekspor adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan perekonomian suatu negara dan kesejahteraan masyarakat. Pentingnya kegiatan impor dan ekspor perlu diketahui dan disadari oleh seluruh masyarakat. Melihat hal tersebut, mahasiswa program studi (prodi) Manajemen Universitas Dinamika mengadakan sebuah acara Kuliah Tamu Bisnis Internasional tentang Perdagangan Impor dan Ekspor pada 13 Desember 2023.


Acara yang diselenggarakan di Ruang Auditorium ini dihadiri oleh dekan, dosen dan mahasiswa prodi Manajemen dari berbagai angkatan. “Tujuan dari kuliah tamu ini adalah untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang pentingnya bisnis internasional bagi mahasiswa dan memperluas pengetahuan mahasiswa tentang cara melakukan ekspor barang.”, ujar Sultan Hidayat, selaku ketua pelaksana kuliah tamu.


Untuk mengisi acara ini, panitia mengundang seorang pembicara yang bernama Budhi Wibowo, yang merupakan President of Indonesian Fishery Product Processing and Marketing Association. “Kami mengundang Budi Wibowo karena beliau sudah pernah terjun ke dunia ekspor dan memiliki banyak pengalaman mengenai dunia tersebut.”, ujar Sultan.


Sultan menjelaskan bahwa topik yang menjadi pembahasan adalah UKM Go Global, yang di dalamnya membahas tentang bagaimana cara serta syarat untuk melakukan ekspor. Selain itu, Budi juga membahas produk seperti apa yang layak untuk tembus pasar global, sertifikasi apa saja yang wajib dipenuhi agar para peserta dapat menjadi eksportir yang sukes.


Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga 10.00 tersebut tentunya memberikan dampak bagi para peserta, khususnya mahasiswa, karena topik yang dibahas berhubungan dengan ekspor produk dimana mahasiswa Manajemen memiliki produk yang berpotensi untuk diekspor.


“Harapan saya, mahasiswa Manajemen dapat memahami tentang cara melakukan ekspor produk-produk buatan mereka sendiri dan bisa sesuai dengan kriteria target pasarnya.”, pungkasnya. (tta)


368 kunjungan