Outdoor Class PFTV Universitas Dinamika Ajak Mahasiswa Nonton Film Bersama di CGV

Cetak
Image 22 Jan 2024

D’Media, (22/01/2024) – Dibalik film-film yang telah diproduksi, proses penulisan naskah dan skenario adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan dibuat dengan persiapan yang matang. Naskah dan skenario akan menjadi kunci dalam kesuksesan sebuah film. Dengan itu, mahasiswa program studi Produksi Film dan Televisi (PFTV) Universitas Dinamika melakukan analisis naskah film di bioskop CGV.


Mahasiswa-mahasiswa dari kelas Penulisan Naskah dan Skenario tersebut melakukan outdoor class di CGV Maspion Town Square. Didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah, Muhammad Bahruddin, para mahasiswa menonton dan menganalisis naskah film sebagaimana materi yang mereka dapatkan di kelas.


Bahruddin, begitu biasa ia dipanggil, mengatakan bahwa tujuan utama dari kelas ini agar mahasiswa bisa mengindentifikasi naskah film secara langsung. “Jika mereka terbiasa mengidentifikasi dan menganalisis film dengan kacamata teknik penulisan naskah, maka mereka akan lebih mudah dalam menulis naskah.”, kata dosen yang akrab dipanggil Bahruddin tersebut.


Model perkuliahan outdoor class, khususnya di bioskop CGV, agar mahasiswa bisa lebih mudah memahami teori dan mudah mendapatkan ilmu. Salah satu mahasiswa dari kelas tersebut menceritakan pengalamannya terkait experience yang telah didapat. “Tentunya dengan model outdoor class ini kami bisa merasakan secara langsung tentang penulisan naskah dan melihat bagaimana hasilnya di sebuah film.”, ucap mahasiswa dari kelas Penulisan Naskah dan Skenario, Herdiansyah Dwi Saputra.


Selain di bioskop CGV, mahasiswa juga diajak menonton film di platform digital atau OTT (over the top) yang diputar di kelas atau movie room di perpustakaan Universitas Dinamika. Dalam satu semester, outdoor class diadakan dua kali di gedung bioskop dan tiga kali di platform digital atau OTT.


Bahruddin kemudian menjelaskan bahwa setelah selesai menonton film, mahasiswa diajak untuk refleksi tentang tahapan-tahapan membuat naskah film, mulai dari sekuen satu hingga sekuan delapan.


Dengan adanya outdoor class ini, diharapkan bahwa para mahasiswa PFTV dapat membuat naskah serta skenario yang menarik dan out of the box, sehingga film yang diproduksi nantinya bisa memikat masyarakat untuk menontonnya. (tta)


425 kunjungan