Pameran Kewirausahaan Manajemen Tawarkan Aneka Produk Hasil Kreativitas Mahasiswa

Cetak
Image 23 Jan 2024

D’Media, (23/01/2024) – Kewirausahaan atau entrepreneurship saat ini sedang digandrungi oleh para generasi muda. Kreativitas dan inovatif adalah kunci yang harus dimiliki oleh para anak muda yang ingin memulai kewirausahaan. Hal ini pun dilakukan oleh para mahasiswa program studi (prodi) Manajemen Universitas Dinamika yang menyelenggarakan sebuah pameran produk kewirausahaan.


Pameran yang diselenggarakan dari tanggal 15 hingga 19 Januari 2024 di lobby utama Universitas Dinamika tersebut diikuti oleh mahasiswa prodi Manajemen angkatan ’22 dan ’23. Terdapat 10 tenant yang menjual produk-produk hasil inovasi mereka, seperti handmade gelang dan cincin, celana jeans dengan model cargo, dan kopi. Tidak hanya hasil produk, ada juga mahasiswa yang membuka jasa mencuci sepatu.


Salah satu mahasiswa yang mengikuti pameran tersebut, Aqshal Rezqika, menjelaskan bahwa tujuan pameran kewirausahaan ini agar mahasiswa bisa merasakan secara langsung berjualan dan menemui pelanggan secara langsung. “Selain itu, juga untuk menerapkan teori-teori yang telah diterima selama di kelas”, ujar Aqshal.


Pameran kewirausahaan ini menjadi tugas ujian akhir semester para mahasiswa di mata kuliah kewirausahaan. Di pameran ini, mahasiswa juga memiliki target penjualan yang harus dicapai tiap harinya. Tentunya, ini menjadi salah satu challenge bagi mereka untuk memenuhi target tersebut.


Alifia, mahasiswi yang berjualan handmade gelang pun menceritakan pengalamannya. “Tantangan terbesarnya itu untuk menarik pembeli agar membeli produk kita. Nah, kebetulan di minggu ini juga ada banyak kunjungan dari teman-teman SMA, sehingga banyak yang tertarik dengan produk kami dan teman-teman lain.”, ucap Alifia.


Dengan diadakannya pameran ini, semoga bisa membuat mahasiswa-mahasiswi menjadi termotivasi untuk memunculkan ide-ide inovatif serta dapat membuka kesempatan bisnis baru yang berguna bagi masyarakat dan memiliki nilai ekonomis. (tta)


488 kunjungan