Dorong Kemajuan Pariwisata Indonesia, Universitas Dinamika dan PT Kokek Bersinergi Kembangkan Start Up

Cetak
Image 16 Oct 2024

(D’Media, 16/10/2024) – Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat pariwisata yang menyuguhkan pemandangan maupun pengalaman yang menarik bagi para pengunjung. Banyak diantaranya adalah hidden gem, istilah yang biasa digunakan saat tempat wisata tersebut masih jarang diketahui oleh banyak orang. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tempat wisata di Indonesia, PT Kokek Consulting berkolaborasi dengan Universitas Dinamika (d.h. STIKOM Surabaya) membuat start up pariwisata bernama ‘Destinasiku’.

Start up ‘Destinasiku’ adalah sebuah aplikasi berbasis website yang dapat memudahkan penggunanya untuk mencari tahu tempat pariwisata yang ada di Indonesia. Tidak hanya informasi yang diberikan, namun melalui start up ini pengguna juga bisa memesan tiket masuk ke tempat yang dituju. “Di aplikasi ‘Destinasiku’, pelanggan juga mendapat itinerary (rencana perjalanan) sehingga pelanggan jauh lebih dimudahkan untuk mempersiapkan sebuah perjalanan,” jelas Tan Amelia, Kepala Bagian Solusi Sistem Informasi (SSI).

Kolaborasi ini diawali dengan acara pertemuan dan penandatanganan founder agreement pada hari Selasa (24/09/2024). Dalam acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Dinamika, Wakil Rektor I hingga Wakil Rektor III dan beberapa staff. “Dengan kolaborasi bersama PT Kokek Consulting, kita bisa membuat start up yang nantinya dapat menjadi jujukan masyarakat yang ingin mendatangi sebuah destinasi wisata dan memberikan rekomendasi-rekomendasi wisata yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Terima kasih kepada PT Kokek Consulting karena telah mempercayai kami untuk bisa turut mewujudkan pembangunan start up ini,” ujar Rektor Universitas Dinamika, Budi Jatmiko.


Hal ini pun diamini oleh Johny Yulfan, Direktur PT Kokek Consulting. “Adanya kehadiran start up ‘Destinasiku’ tidak hanya akan mempermudah pelanggan, melainkan juga membuka kesempatan lapangan kerja baru dan berkualitas bagi masyarakat,” ucapnya.

Tan Amelia kemudian mengatakan bahwa start up ini akan menjadi usaha bersama PT Kokek Consulting dengan Universitas Dinamika. Tim dari SSI Universitas Dinamika akan bergerak dalam bidang hacker (membuat software) and hipsters (membuat desain UI/UX software), sedangkan PT Kokek Consulting akan bergerak dalam bidang bisnis start up tersebut. “Harapannya, awal tahun 2025 kita sudah bisa melakukan uji coba terhadap start up ini dan pada bulan April 2025 akan diresmikan, bertepatan saat Dies Natalis Universitas Dinamika,” pungkasnya. (tta)


65 kunjungan