Puluhan Mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Dinamika (Undika) Surabaya Bikin Inovasi Teknologi

Cetak
Image

Dimas Adiputra Rahadyan Memubat Aplikasi Penilaian Ujian Praktik SIM C Menggunakan Protokol Komunikasi Pesan MQTT Berbasis Android

Sebuah aplikasi mobile untuk mengawasi peserta ujian SIM C dengan menggunakan protokol komunikasi pesan  MQTT.  Aplikasi berbasis android ini memanfaatkan metode komunikasi MQTT dalam pengiriman datanya, sehingga petugas kepolisian dapat melakukan pemantauan ujian secara mobile. Aplikasi Android menampilkan hasil ujian praktik berdasarkan status tiap-tiap patok dan hasil waktu dari lama ujian praktik berlangsung.

 

Moh. Nasir Menerapan Gyrodometri Pada Three Omni Wheels Untuk Robot Sepak Bola Beroda

Sebuah program  robot yang mengaturt  robot dapat menentukan lokas i maupun dikontrol  berdasarkan  lokasi  yang  dituju  secara  tepat  dengan metode gyrodometri dan lebih presisi. Program ini nantinya juga berguna ketika robot mengalami benturan dan rotari mengalami slip maka sensor gyro akan memperbaiki pembacaannya.


PR Undika Surabaya :
Lathifiyah

 

Ryan Ramadhani Pratama Bikin Alat Otomasi dan Monitoring Pada Greenhouse Pembibitan Tanaman Strawberry Menggunakan Fuzzy Logic

Sebuah alat yang berfungsi untuk mengontrol suhu dan kelembaban udara secara otomatis pada greenhouse pembibitan tanaman strawberry agar tercipta kondisi lingkungan yang ingin dikehendaki. Alat ini juga dapat memonitoring suhu dan kelembaban udara dari jarak jauh oleh pengguna dengan aplikasi Blynk pada smartphone apabila terjadi kegagalan pada sistem.

 

Muhammad Iqbal Febrianto Bikin Rancang Bangun Sistem Pengukur Tinggi Badan Manusia Secara Otomatis Menggunakan Kamera

Sebuah alat yang berfungsi mengukur tinggi badan  manusia secara langsung dan otomatis tanpa perlu menggunakan alat pengukur manual. Dengan menggunakan marker sebagai titik fokus dalam mendeteksi tinggi badan yang nantinya kamera yang telah diprogram dengan  komponen  Library  OpenCV  mendeteksi jarak kamera dari marker yang  menempel di atas kepala  manusia sehingga data distance to camera yang didapat kemudian diolah oleh komputer dan hasilnya akan dimunculkan dalam layar dengan bentuk hasil tinggi badan yang diukur.

 

Afrizal Bikin Rancang Bangun Kontrol dan Monitoring Pakan Otomatis pada Tambak Udang Menggunakan Android

Sebuah alat yang berfungsi  untuk menjadwalkan pemberian pakan, mengatur takaran pakan, dan menentukan berapa banyak tebar  pakan  dalam sehari  secara otomatis dengan  menggunakan  Android,  sehingga dapat membantu para petani tambak udang dalam faktor pemberian pakan.

 

Wimar Rachman Hakim Bikin Rancang Bangun Sistem Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) pada Pembibitan Tanaman Stroberi Menggunakan Metode Fuzzy

Pembibitan stroberi pada sistem hidroponik ini menggunakan  metode NFT.  Metode NFT memungkinkan untuk tanaman stroberi mendapatkan suplai oksigen dan juga nutrisi secara optimal. Hal yang perlu diperhatikan pada pembibitan  stroberi hidroponik ini yaitu  kadar  pH yang terkandung  pada larutan nutrisi berkisar 5,5 – 6,5. Oleh karena itu dibuatlah rancang bangun pada sistem hidroponik ini untuk mengatur kestabilan pH. Dalam rancang bangun sistem ini menggunakan sensor pH sebagai input yang diolah menggunakan  metode fuzzy  untuk mengatur 2 buah servo yaitu servo pH  up dan servo pH down untuk menstabilkan pH yang terdapat pada larutan nutrisi hidroponik.

 

Hesnod Daraeny Bikin Rancang Bangun Pengring Rumput Laut  Menggunakan Deteksi Suhu dan Kelembaban

Sebuah alat yang berfungsi untuk pengeringan rumput laut berfokus pada dua variable utama yaitu timbangan dan suhu. Alat ini nantinya akan mempermudah para petani rumput laut dalam proses pengeringan rumput laut karena adanya alat ini para petani dapat melakukan proses pengeringan di musim apapun.

 

Yanuar Izulyansah Bikin Aplikasi untuk Monitoring Sistem Irigasi Sawah Menggunakan Android

Sebuah aplikasi untuk memonitoring sistem irigasi sawah menggunakan Android. Sistem ini bertujuan untuk mengatur kinerja pompa secara otomatis dengan parameter utama nilai kelembaban dan ketinggian air. Aplikasi ini untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan saat musim kemarau.

 

Andrianto Sukusvieri Bikin Aplikasi Single Shot Detector (SSD) untuk Pengenalan Wajah

Sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi  dan mengenali wajah seseorang secara multi face detection dengan menggunakan  metode  Single Shot Detector (SSD) yang merupakan metode untuk mengenali atau mendeteksi sebuah object pada suatu gambar dengan menggunakan single deep neural network dan hanya perlu mengambil satu bidikan tunggal untuk mendeteksi beberapa object di dalam gambar

 

Moch. Helmi Ramadhan Bikin Aplikasi Pembuka Pintu Secara Otomatis Melalui Global Position System (GPS) dan Bluetooth

Sebuah program Android yang telah terinstall berupa aplikasi sehingga dapat memberikan perintah berupa pengiriman data, mendapatkan koordinat lokasi berupa latitude dan longitude, serta melakukan perhitungan untuk menghasilkan nilai berupa jarak (meter) yang digunakan untuk membuka pintu gerbang secara otomatis.

Badrut Tamam Bikin Rancang Bangun Alat Peringatan Dini Tanah Longsor Menggunakan Transmisi LoRa

Peringatan dini tanah longsor menggunakan transmisi LoRa adalah sebuah simulasi peringatan dini yang bisa memberikan informasi kepada masyarakat sebelum terjadi tanah longsor terutama pada rumah penduduk yang berada dibawah kaki bukit.

 

Charisma Dimas Affandi Bikin Rancang Bangun Sistem Keamanan Gudang Penyimpanan Menggunakan Transmisi LoRa

Sebuah sistem yang berfungsi untuk mengetahui status pintu pada gudang penyimpanan sehingga pemilik gudang dapat memonitoring status seluruh pintu dari gudang, maka pencurian yang terjadi pada gudang penyimpanan pada daerah pedesaan dapat terdeteksi lebih awal dan pemilik dapat melakukan tindakan pencegahan. Sistem ini dipasang pada pintu gudang dan rumah pemilik gudang.

 

Fahmi Andriansyah  Bikin Rancang Bangun Alat Ukur Sudut Punggung untuk Mempermudah Perhitungan RULA Menggunakan MPU-6050

Sebuah alat yang mengukur sudut/ derajat perubahan posisi pada salah satu anggota badan bagian atas yaitu punggung, yang dirancang menggunakan sensor MPU-6050 dengan keluaran dalam satuan derajat. Manfaat penyusunan alat ini adalah untuk mempermudah tenaga medis dalam mendapatkan data sudut punggung yang digunakan untuk melakukan perhitungan RULA (Rapid Upper Limb Assessment).

 

Moch. Angga Putra Wicaksono Lakukan Pengembangan Komunikasi Dan Visualisasi Base Station Pada Robot Sepak Bola Beroda

Sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengontrol dan memonitoring pergerakan robot sepak bola beroda. Status membawa bola dan posisi koordinat robot dapat di monitoring di sebuah aplikasi. Aplikasi ini berfungsi membantu perancangan strategi dalam lomba peran aplikasi sangat dibutuhkan agar robot dapat di kendalikan secara otomatis.

Titania Nur Alifah  Bikin Rancang Bangun Alat Deteksi Kecelakaan Sepeda Motor Berbasis Exponential Smoothing

Alat deteksi kecelakaan sepeda motor  yang menggunakan dua sensor yaitu sensor SW420 sebagai deteksi getaran dan sensor MPU6050 sebagai deteksi kemiringan saat sepeda motor tersebut mengalami kecelakaan. Alat tersebut dilengkapi modul GPS untuk mendeteksi lokasi saat sepeda motor mengalami kecelakaan. Diletakkan pada jok sepeda motor untuk mendeteksi ketika sepeda motor tersebut mengalami kecelakaan. Ketika sepeda motor mengalami kecelakaan, maka alat tersebut akan mengirim notifikasi bahwa terjadi kecelakaan dan mengirimkan lokasi kecelakaan melalui aplikasi telegram. Aplikasi ini mempermudah untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Sigit Wahono Bikin Sistem Keamanan  Parkir Berbasis RFID dan Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Metode Leptonica

Sebuah sistem keamanan area parkir berdasarkan RFID dan program pengolahan citra digital. RFID berfungsi untuk menyimpan serial number identitas pemilik kendaraan. Pengolahan citra berfungsi untuk mendeteksi plat nomor dan pengenalan karakter menggunakan metode Leptonica. Program ini mengenali pembacaan karakter secara realtime dengan perangkat keras Computer Vision dan Camera Webcam  sebagai pengambil citra.


485 kunjungan