Mengenal Kisah Pangeran Diponegoro Melalui Artbook Digital Painting Karya Mahasiswi Undika

Cetak
Image 14 Nov 2023

D’Media, FDIK - Sebuah inovasi diciptakan oleh mahasiswi Universitas Dinamika (Undika). Jovancha M.Y Dua Anna Keytimu merancang artbook kisah Pangeran Diponegoro dengan teknik digital painting. Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan dari Tanah Jawa yang pernah memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa.


Pangeran Diponegoro dinilai tepat untuk dijadikan bahan cerita karena berdasarkan survei yang telah dilakukan Jovancha kepada anak di usia 9-10 tahun. Dari survei tersebut, didapati bahwa anak-anak usia tersebut banyak yang tidak mengetahui kisah Pangeran Diponegoro. “Mereka lebih suka buku yang jenisnya cerita gambar, komik, bahkan anime.”, ujar mahasiswi jurusan DKV ini.


“Tujuan saya membuat artbook ini agar pengetahuan mereka bertambah dan meningkatkan minat baca mereka.”, tuturnya. Artbook dengan teknik digital painting adalah sebuah buku seni kreatif yang memuat visual grafis berupa ilustrasi, tata letak, dan tipografi untuk menyampaikan sebuah makna atau pesan.


Menggunakan kata kunci “excitement”, artbook diharapkan dapat memberikan suatu karya yang dapat dipahami dan diminati oleh anak-anak usia 9-10 tahun karena kata kunci tersebut memberikan arti kreatif, imajinatif, dan antusias. “Isi dari artbook ini menggabungkan elemen ilustrasi karakter, alur cerita heroik, layout, jenis font dan pemilihan warna.”, tegasnya.


“Harapannya melalui artbook ini, anak-anak dapat mengenal dan mengenang jasa perjuangan Pangeran Diponegoro serta membangkitkan rasa nasionalisme pada generasi selanjutnya.”, tutupnya. (Tita)


356 kunjungan