Upaya untuk Mencetak SDM Unggul, Universitas Dinamika Gelar Tes KIP Kuliah

Cetak
Image 16 Jul 2024

D’Media, (16/07/2024) – Dapat melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan adalah dambaan semua orang tua dan anak, karena dengan berkuliah, anak bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Untuk mewujudkan keinginan itu dan berkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) membuka pendaftaran jalur KIP Kuliah.

          Jalur KIP Kuliah memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswa baru (camaba) untuk mendapatkan beasiswa 100% sampai lulus dan bantuan uang saku dari pemerintah. Universitas Dinamika telah membuka pendaftaran jalur ini sejak bulan Maret hingga akhir bulan Juni 2024, dan tes seleksinya diselenggarakan pada 11-12 Juli 2024 di Universitas Dinamika.

          Adi Prasetyo, Kepala Bagian Public Relations and Marketing, mengatakan bahwa animo pendaftar tahun ini cukup tinggi. “Total yang telah mendaftar sebanyak 110 camaba dan diikuti dari seluruh Indonesia, bahkan ada yang dari provinsi Sumatera dan Kalimantan,” ujar Adi.

          Tes seleksi ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu online dan offline. Untuk tes online ditujukan untuk para camaba yang di luar area Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbang Kartosusilo). Sedangkan untuk tes offline ditujukan bagi camaba yang berada di area Gerbang Kartosusilo.

          Adi menjelaskan bahwa syarat untuk mendaftar tes KIP Kuliah cukup mudah, yaitu para camaba berprestasi baik akademik maupun non-akademik namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk melanjutkan perkuliahan. “Dari 110 camaba yang sudah menjalani tes, akan kami saring kembali karena kuota penerimaan jalur KIP yang tersedia kurang lebih ada 25,” ucap Adi.


Terdapat beberapa jenis tes yang harus dikerjakan oleh camaba, yaitu tes TPA, Matematika, Logika, Bahasa Inggris, dan Psikotest. Ada pula tes Menggambar yang khusus dikerjakan untuk para camaba yang mendaftar di salah satu program studi yang ada di Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK).

Adi menjelaskan bahwa setelah para camaba berhasil lolos tes seleksi, maka dari pihak kampus akan mengundang camaba beserta orang tua mereka dalam sebuah pertemuan dengan Rektor dan Wakil Rektor III Universitas Dinamika. “Camaba yang sudah diterima akan dibiayai perkuliahannya selama masa studi normal. Camaba juga harus aktif dalam kegiatan kampus dan mempertahankan minimal IPK 3,0,” kata Adi. (tta)


258 kunjungan