Launching Aplikasi Baru ‘OBE Undika’ Permudah Memantau Capaian Belajar Mahasiswa

Cetak
Image 23 Jul 2024

D’Media, (23/07/2024) – Sebagai upaya untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi yang mengikuti perkembangan teknologi, Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) baru saja merilis aplikasi berbasis website baru yang bernama ‘OBE Undika’.

          Aplikasi ini dirilis pada hari Selasa (16/07/2024) bertepatan dengan acara Optimalisasi Program UFL dan Sosialisasi Awal Aplikasi OBE. OBE sendiri adalah Outcome Based Education, sebuah kurikulum yang fokus pada outcome atau capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Kurikulum OBE telah diterapkan di Universitas Dinamika sejak tahun 2020.

Vivine Nurcahyawati, selaku Kepala Bagian Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI) Universitas Dinamika menjelaskan bahwa aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah dosen dalam menggali capaian pembelajaran mahasiswa dan mengelola capaian pembelajaran per masing-masing kelas.

Aplikasi ini memungkinkan dosen untuk mengisi kurikulum yang telah dibuat, sehingga dengan menggunakan aplikasi ‘OBE Undika’, akan ada banyak capaian-capaian mahasiswa yang bisa dipenuhi. “Selama ini, dosen memantau kurikulum secara manual dengan template excel yang cukup rumit, untuk memantau mutu pembelajaran pun juga secara manual,” ujar Vivine.

Dari permasalahan ini, terciptalah aplikasi ini yang berkolaborasi dengan mahasiswa yang sekaligus mengaktualisasi kemampuan mahasiswa. Aplikasi ini merupakan buatan dari mahasiswa S1 Sistem Informasi yang bernama Hanif Arif. Hanif merancang sistem yang ada di aplikasi, kemudian diserah terima dengan bagian Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) untuk disempurnakan menjadi sebuah aplikasi. Aplikasi ini bisa digunakan sepenuhnya pada saat tahun ajaran baru 2024/2025.

SEARCH


Berita Lainnya