Inovasi STUNNING System, Undika bersama Dinas Pendidikan Jatim Ajak 152 Guru MGMP Merakit Soal

Cetak
Image 11 Nov 2023

D'Media, (11/11/2023) - Pada 26 - 29 Oktober 2023, telah dilaksanakan acara perakitan soal-soal tes yang akan digunakan di aplikasi STUNNING (Student Evaluation Learning) di Hotel Purnama Batu, Jawa Timur. Aplikasi ini merupakan sebuah inovasi yang diciptakan oleh dosen Undika yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.


Acara ini dihadiri oleh 152 guru se-Jawa Timur. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Seksi Kurikulum Pembinaan dan Pengembangan SMA Provinsi Jawa Timur, Eka Ananda Arief Budi Rahardja dan diikuti oleh perwakilan dari Diskominfo, dan Ketua Perkumpulan Kepala Sekolah Jawa Timur. Tujuan dari dilaksanakannya acara ini adalah untuk menstandarkan soal-soal dari mata pelajaran yang dipilih. Hal ini dilakukan agar kualitas ajaran dari para pendidik sama, baik kota maupun daerah.

Terdapat lima mata pelajaran yang telah dipilih, yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi dan Bahasa Inggris. Guru yang mengisi materi adalah anggota MGMP dari masing-masing pelajaran dan berbagai sekolah. Seluruh peserta acara ini diberikan sosialisasi untuk input soal ke aplikasi STUNNING.


Akan dilakukan trial yang berupa semacam pilot project untuk guru pada tanggal 14 November 2023 di SMAN 1 Gedangan. Lalu pada tanggal 20-23 November 2023 akan diadakan praktek penggunaan aplikasi (try out online). Para guru merasa terbantu dengan adanya aplikasi STUNNING karena tersedia database yang bisa diakses antar guru mata pelajaran. 


Harapannya semoga aplikasi STUNNING bisa bermanfaat bagi guru-guru di seluruh SMA Jawa Timur guna memudahkan memantau perkembangan hasil belajar siswa di sekolah. (Tita)


518 kunjungan