Outdoor Class Fotografi DKV & PFTV

Cetak
Image 22 Feb 2024

D’Media, (22/02/2024) – Untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus, maka konsep fotografi harus benar-benar dipahami. Selain konsep fotografi, objek yang akan difoto harus sesuai dengan tema dan menarik untuk dilihat. Hal ini pun diterapkan pada outdoor class fotografi yang dilaksanakan oleh program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Produksi Film dan Televisi (PFTV).


Outdoor class yang dilaksanakan di Balai Pemuda tersebut diikuti oleh kurang lebih 42 mahasiswa dari DKV dan 8 mahasiswa dari PFTV. Mereka ditugaskan untuk mencari foto-foto yang menarik dengan menerapkan beberapa teknik yang sudah diajarkan di bangku kuliah. Ada lima karya yang harus dihasilkan, yaitu fotografi produk, fotografi produk dan model, foto model, lifestyle, dan food. Untuk kegiatan outdoor class di Balai Pemuda ini, dikhususkan untuk mengambil foto model.


Idealita Ismanto, selaku dosen mata kuliah (matkul) Fotografi Dasar prodi DKV, menjabarkan tujuan diselenggarakannya outdoor class ini. “Saya bersama dengan Pak Sutikno ingin melatih kreativitas mahasiswa dalam pengambilan foto. Lokasi ini dipilih karena memiliki banyak pilihan background, sehingga bisa memberi tantangan tersendiri bagi mereka untuk mengambil foto yang menarik,” ujarnya. Idealita menambahkan bahwa ini juga berguna untuk melatih kepekaan mahasiswa dengan lingkungan sekitarnya.


Idealita mengungkapkan bahwa terdapat teknik yang harus digunakan oleh mahasiswa saat menjalani outdoor class tersebut. “Teknik ini melibatkan penggunaan flash eksternal atau flash yang bukan berasal dari kamera aslinya. Teknik ini menggunakan kendali dari trigger untuk mengoperasikan lampunya sesuai kebutuhan,” ucapnya.


Di lain tempat, Sutikno, selaku dosen matkul Fotografi prodi PFTV, menjelaskan terdapat enam tema foto model yang harus diambil oleh para mahasiswa, yaitu tema 90s, casual, sporty, army, skena, dan princess. “Mahasiswa berkesempatan untuk mengarahkan model sesuai dengan keinginan mereka agar mendapat hasil foto yang menarik,” ungkapnya.


“Harapannya dengan berlangsungnya outdoor class ini bisa meningkatkan kemampuan dan kepekaan mahasiswa dalam fotografi agar bisa menghasilkan karya yang membanggakan,” pungkas Sutikno. (tta)


331 kunjungan