Project-Based Learning International Class, Kolaborasi Universitas Dinamika dan Ritsumeikan University

Cetak
Image 23 Feb 2024

D’Media, (23/02/2024) - Tanggal 20-21 Februari 2024, Universitas Dinamika kembali kedatangan tamu dari luar negeri. Tamu tersebut adalah Victor V. Kryssanov, dosen dari Ritsumeikan University, Jepang. Kedatangannya ke Universitas Dinamika untuk menyerahkan sertifikat serta membahas rencana lanjutan dari kelas internasional yang telah dilaksanakan selama enam bulan. Kelas ini merupakan hasil kolaborasi antara Universitas Dinamika dan Ritsumeikan University.


Perlu diketahui bahwa kelas internasional ini adalah sebuah program yang diselenggarakan pertama kalinya oleh Fakultas Teknologi dan Informasi (FTI) Universitas Dinamika dengan Ritsumeikan University. Program ini mengajak para mahasiswa Universitas Dinamika untuk mengikuti kelas internasional dengan mahasiswa/i lain dari beberapa negara di Asia.


Terdapat empat perwakilan mahasiswa dari program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) di Universitas Dinamika. Keempat mahasiswa itu bernama Kevin Kosumo, Wahyu Ismaya Cipta Mahardhika, Arjuna Muhammad Noor, dan Stefanus Silverio Susanto. Mereka telah menyelesaikan masa studi selama satu semester di kelas internasional tersebut.


Saat duduk bersama keempat mahasiswa tersebut, Victor dengan tegas mengungkapkan bahwa partisipasi mahasiswa Universitas Dinamika di luar ekspektasinya. Victor juga sangat mengapresiasi ketekenunan keempat mahasiswa tersebut dan menyukai hasil project yang telah diserahkan sebagai tugas akhir mereka mengikuti kelas internasional tersebut.


Valentinus Roby Hananto, selaku dosen pendamping mahasiswa kelas internasional tersebut mengungkapkan bahwa keempat mahasiswa tersebut telah menyelesaikan studi dengan baik. “Walaupun kelasnya diikuti melalui Zoom Meeting, namun itu tidak menjadi sebuah kendala besar bagi mahasiswa untuk tetap mengikuti kelasnya,” ujar dosen yang akrab dipanggil Roby tersebut.


Roby juga menekankan bahwa setelah diskusi bersama dosen-dosen FTI dan Victor sebagai perwakilan dari Ritsumeikan University, kolaborasi kelas internasional ini akan tetap berlanjut. “Dilihat dari performa mahasiswa sebelumnya yang juga menjadi pertimbangan dari pihak Ritsumeikan University, maka kami bisa melanjutkan kolaborasi ini,” ucap Roby.


Di hari terakhir ia berkunjung ke Universitas Dinamika, Victor pun menandatangani empat sertifikat yang kemudian ia serahkan secara simbolis kepada para mahasiswa yang mengikuti kelas internasional tersebut. Mereka pun juga sempat saling berbagi kesan dan pesan selama enam bulan di dalam kelas.


Kevin Kosumo, salah satu mahasiswa yang mengikuti kelas internasional, bercerita bahwa ia pada awalnya merasa tidak percaya diri. “Saya awalnya merasa bahwa ini akan menjadi berat, karena saya tidak pernah ada pengalaman seperti ini sebelumnya dan bahasa bisa menjadi tantangan besar selama perkuliahan. Ternyata itu semua hanya masalah adaptasi saja, semakin sering bertemu semakin terlatih,” ungkap Kevin.

Semoga dengan adanya kolaborasi kelas internasional antara Universitas Dinamika dengan Ritsumeikan University bisa meningkatkan potensi-potensi para mahasiswa untuk berprestasi dan berani tampil di kancah internasional yang bisa membawa nama baik Universitas Dinamika. (tta)


414 kunjungan