‘DEFOTION’ 2024 Universitas Dinamika Lombakan Kreativitas Desain Poster Tingkat Nasional

Cetak
Image 01 Aug 2024

D’Media, (01/08/2024) – Poster adalah salah satu media visual yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Membuat poster juga memerlukan kreativitas yang tinggi agar poster bisa menarik orang untuk membaca. Melihat hal ini, bagian Kemahasiswaan Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) menyelenggarakan lomba ‘Defotion’ 2024.

          ‘Defotion’ adalah perlombaan desain poster tingkat nasional antar SMA, SMK, dan MA se-Indonesia. Lomba yang diadakan tiap tahunnya oleh bagian Kemahasiswaan Universitas Dinamika tersebut dihelat pada Kamis (25/07/2024) di ruang Laboratorium Fakultas Desain Industri dan Kreatif (FDIK) lantai 7.

          Risa Fahmi, selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Dinamika menjelaskan bahwa kegiatan ‘Defotion’ tahun ini adalah tahun ketiga kegiatan diselenggarakan. “Lomba ini diselenggarakan sebagai ajang untuk menunjukkan kreativitas teman-teman SMA, SMK, dan MA tingkat nasional,” ujarnya.


          Acara ini terbagi menjadi dua babak, yaitu babak seleksi online dan babak presentasi secara hybrid. Babak seleksi dilakukan via online dengan mengirimkan karya mereka melalui google form yang telah disediakan. Sedangkan untuk babak presentasi, dapat dilakukan secara offline di Universitas Dinamika dan melalui google meet.

          Fahmi, begitu ia biasa dipanggil, mengatakan bahwa ‘Defotion’ 2024 diikuti oleh 114 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA, SMK, MA seluruh Indonesia. “Dari 114 peserta dikurasi kembali oleh dewan juri, sehingga tersisa 25 finalis yang hari ini menghadiri babak presentasi secara hybrid,” ucapnya. Terdapat 17 peserta yang hadir secara offline dan delapan peserta hadir secara online.

          Animo para peserta sangat tinggi, dapat dilihat dari peserta yang dari luar Pulau Jawa, salah satunya adalah Kirani Shareen Assyifa. Kirani adalah peserta dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ia rela datang dari Banjarmasin untuk menghadiri secara langsung babak presentasi di Universitas Dinamika. “Saya ingin mendapatkan pengalaman-pengalaman baru di kota lain, sekaligus menjalin relasi yang luas dengan peserta lainnya,” kata Kirani.

               Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 – 14.00 tersebut menghasilkan enam juara yang terbagi menjadi juara favorit 1 hingga juara favorit 3 dan juara 1 hingga juara 3. Para pemenang mendapatkan reward-reward atas hasil kerja keras dan kreativitas mereka dalam mengikuti lomba ‘Defotion’ 2024.


                    Peserta peraih juara 1 bernama Mahmud Ali Zain yang berasal dari SMK Negeri 2 Surabaya, juara 2 bernama Ahmad Rassyid yang berasal dari SMA Negeri 2 Magelang (hadir via online), dan juara 3 yang bernama Kirani Shareen Assyifa dari SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Juara favorit 1 diraih oleh Ryeka Akhnes Pusparani dari MAN Lumajang, juara favorit 2 diraih Jihaan Nabiilah Nuur Salmaa dari SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, dan juara favorit 3 diraih oleh Alisha Azzahra dari SMA Muhammadiyah 1 Taman.

“Kami juga memberikan beasiswa kuliah 100% kepada pemenang juara 1 hingga 3 dan beasiswa potongan kuliah 50% kepada pemenang juara favorit 1 hingga 3,” tutur Fahmi. Reward beasiswa ini adalah sebagai bentuk apresiasi Universitas Dinamika terhadap para pemenang untuk bisa menempa dan memperdalam kemampuan mereka dalam desain. (tta)


690 kunjungan