Mahasiswa DKV Ciptakan Activity Book “Petualangan Sehat bersama Didi dan Melin” untuk Edukasi Anak tentang Diabetes Melitus Tipe 2

Cetak
Image 11 Dec 2023

D’Media, FDIK – Seperti yang diketahui oleh banyak orang, penyakit diabetes melitus tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang sangat susah untuk disembuhkan. Namun, penyakit ini bisa dicegah sejak dini jika masyarakat sadar dengan bahaya penyakit ini. Berangkat dari ini, mahasiswa Universitas Dinamika bernama Geby Ramadhanu menciptakan sebuah activity book berjudul ‘Petualangan Sehat bersama Didi dan Melin’.


Activity book ini ditujukan untuk anak usia 4 – 6 tahun sebagai media pengenalan dan pencegahan penyakit diabetes melitus tipe 2. Secara singkat, diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi sehingga tidak terproduksinya insulin secara normal. “Dari riset yang telah saya lakukan, penyakit ini sering kali ditemukan di usia remaja, yaitu 17-18 tahun.”, ucap mahasiswa jurusan DKV tersebut.


Saat ditanya mengapa buku ini untuk anak usia 4 – 6 tahun, Geby menjelaskan bahwa pencegahan diabetes melitus tipe 2 ini perlu dilakukan sejak dini. Dari risetnya ia menemukan bahwa anak-anak biasanya takut jika mau periksa ke dokter, maka dari itu Geby ingin buku ini menjadi solusi lain edukasi diabetes melitus tipe 2 bagi anak.


Di buku ini terdapat dua karakter yang hadir untuk menemani anak-anak, kedua karakter itu bernama Didi dan Meli. Didi adalah kakak laki-laki yang menderita diabetes melitus tipe 2, sedangkan Meli adalah adik dari Didi. Didi ingin mengajarkan Meli supaya bisa hidup lebih sehat dengan mengurangi makan makanan manis agar tidak mengalami hal yang sama seperti Didi.


Activity book ini dikemas dalam sebuah buku cerita yang didalamnya ada permainan yang bisa membuat anak semakin tertarik untuk membaca buku tersebut. “Agar anak tidak jenuh saat membaca buku ini, maka saya beri beberapa permainan yang terbagi di beberapa zona yang bisa dimainkan sesuai panduan yang telah diberikan.”, ujar Geby.


Karya Geby ini dikemas dalam sebuah box yang berisi buku panduan, activity book, spidol, poster, x-banner, gantungan kunci, dan stiker sebagai media pendukung pembelajaran.


“Harapan saya, activity book yang sudah saya buat bisa menjadi salah satu media pembelajaran bagi anak sekaligus orang tua untuk memberi pengetahuan serta mencegah penyakit diabetes melitus tipe 2.”, pungkasnya. (tta)


357 kunjungan