Buku Ilustrasi ‘Aku adalah Pahlawan’ Ajarkan Anak Lebih Mencintai Lingkungan

Cetak
Image 18 Dec 2023

D’Media, FDIK – Salah satu faktor terciptanya lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bebas dari sampah-sampah yang berserakan dan tidak dibuang pada tempatnya. Hal ini ingin disampaikan oleh mahasiswa Universitas Dinamika bernama Dido Alvarez, yang kemudian ia menciptakan sebuah buku ilustrasi berjudul ‘Aku adalah Pahlawan’.


Mahasiswa DKV tersebut menciptakan buku ilustrasi tentang dampak membuang sampah dengan sembarangan untuk anak berusia 8 – 12 tahun. “Di dalam buku ini, saya ingin menyampaikan bahwa apa saja dampak-dampak negatif yang akan timbul saat kita membuang sampah secara sembarangan.”, ucap mahasiswa yang akrab dipanggil Dido tersebut.


Saat ditanya mengapa Dido mengangkat lingkungan sebagai tema besarnya, Dido menjelaskan bahwa dia melihat masih banyak masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan. Berangkat dari alasan tersebut, Dido ingin merubah kebiasaan membuang sampah sembarangan sejak dini. Menurut Dido, anak usia 8 – 12 tahun masih mudah untuk diberi edukasi mengenai masalah lingkungan tersebut.


“Untuk menarik minat membaca anak, saya menggunakan teknik digital painting. Saya menggunakan dua aplikasi dalam pembuatan karakter serta pewarnaannya, yaitu Adobe Photoshop dan Adobe InDesign.”, ujar Dido. Di buku ini, Dido juga menyertakan gantungan kunci, stiker, dan kode QR yang bisa di-scan untuk membaca buku dalam versi digital.


Dido bercerita bahwa proses pembuatan buku ini menghabiskan dua semester. Satu semester awal dia gunakan untuk observasi secara penuh mengenai tema yang dia pilih, dan semester kedua dia pun menyusun buku ilustrasi tersebut. Saat pembuatan naskah, Dido dibantu oleh Onish Akhsani, selaku inisiator Green Living Support. Green Living Support adalah komunitas pecinta lingkungan yang berbasis di Surabaya. “Saya mendapat banyak saran dan masukan mengenai tema yang telah saya ambil.”, kata Dido.


Terdapat tiga karakter utama dalam buku ilustrasi ini, yaitu Al, Ami, dan Mimi. Al digambarkan sebagai anak laki-laki yang suka membangkang ucapan orang lain mengenai dampak dari membuang sampah sembarangan. Ami adalah anak perempuan yang ceria dan tegas, dia juga suka mengingatkan teman-temannya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Yang terakhir adalah Mimi, anak perempuan yang juga ceria namun dia mudah terpengaruh oleh perilaku anak lain.


Dido bercerita bahwa dia telah menunjukkan buku ilustrasi yang telah dia buat kepada anak-anak sekitar rumahnya. “Antusiasme anak-anak sangat tinggi. Mereka menyukai karakter-karakter yang ada di dalam buku dan mereka bisa memahami pesan dari cerita tersebut.”, ujar Dido. Dengan terbuatnya buku ini, Dido berharap bahwa anak-anak bisa mulai mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena dampak yang disebabkan akan merugikan kita. (tta)


355 kunjungan